Mendagri: Musrenbang Harus Menyelaraskan Program Nasional dan Daerah

Mendagri Tjahjo Kumolo didampingi Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah dan Walikota Tangerang Arief Wismansyah saat meresmikan Musrenbang di Hotel Allium Tangerang, Senin (10/4).

TANGERANG – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menekankan agar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Banten Tahun 2018 agar menghasilkan program yang bisa diselaraskan dengan kebijakan pemerintah pusat.

“Musrenbang ini harus mampu merencanakan program pembangunan baik infrastruktur sosial,  ekonomi dan politik yang lebih mantap, kondusif sesuai program kerja kepala daerah terpilih dan Bapak Jokowi sebagai presiden,” ujar Tjahjo kepada awak media setelah membuka Musrenbang di Hotel Allium Tangerang, Senin (10/4).

Sehingga program strategis nasional bisa selaras dengan program-program dan menghasilkan pembangunan yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Provinsi Banten.

“Yang penting perencanaan program bagus, menyusun anggaran bagus dan mengawasi pelaksanaan, cermati area rawan korupsi dan rawan bencana,” ujarnya.

Menurut Tjahjo, program-program yang telah disusun oleh pemerintah harus diawasi dengan ketat dan teliti. Menurutnya, kepala daerah harus turun tangan langsung untuk mengontrol realisasi program.

“Jangan semuanya diserahkan pada Sekda, kontrol langsung oleh kepala daerah,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)