Mendikbud: Indonesia Raya Tiga Stanza akan Diberlakukan

0
90
Mendikbud Muhadjir Effendy

SERANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menekankan pada siswa sekolah untuk menguasai lagu Indonesia Raya tiga stanza.

Pasalnya, Indonesia Raya tiga stanza ini memiliki kekuatan sakral untuk menumbuhkan rasa nasionalisme.

“Itu lagunya harus dikuasai, dihapali dan dipahami maknanya oleh para siswa,” papar mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini usai Diskusi gerakan literasi di Rumah Dunia, Ciloang, Kota Serang, Kamis (5/10).

Lagu Indonesia Raya versi lengkap ini, kata dia, bertujuan untuk penguatan karakter, terutama menanamkan nilai-nilai nasionalisme melalui seni dan lagu Indonesia Raya.

“Lagu nasionalisme maknanya sangat dalam, harus dihapalkan oleh anak usia dini,” tuturnya.

Apabila sudah hapal, dikatakannya, nanti makna Indonesia Raya ini akan mudah dihayati saat dinyanyikan.

Ia mengaku Indonesia Raya tiga stanza ini belum sampai diterapkan ke Pemerintahan.

Lagu Indonesia Raya tiga stanza ini akan diterapkan bila sudah turun suratnya dari Kemendikbud, hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Ahmad Zubaidillah.

“Jadi sebetulnya aturan dari kementeriannya belum turun,” terangnya di SMP 10 Kota Serang, Cipocok, Kota Serang, Kamis (5/10).

“Mengenai lafal dan lirik lagu Indonesia Raya tiga stanza selama ini baru kenal. Tiga stanza ini merupakan tambahan untuk dipahami, khususnya adalah bagi guru musik, SD dan SMP,” katanya lagi.

Adapun durasi waktu menyanyikan, kata Zubaidillah memang lebih panjang untuk pengibaran bendera. Tetapi, menurutnya hal itu soal teknis yang mudah diatur.

“Kalau aturannya dari kementerian diterima oleh kami, baru bisa diterapkan. Nunggu juklak juknis (petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis) dari kementeriannya saja,” tukasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)