Mendikbud Jadi yang Pertama Setor LHKPN ke KPK

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadi orang pertama yang langsung melapor kekayaan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah dilantik Presiden Joko Widodo. Muhadjir menyetor Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada KPK, Rabu (31/8).

Langkahnya ini pun menuai pujian dari Wakil Ketua KPK Laode M Syarif. “Kami sangat mengapresiasi pak menteri yang baru sudah menyerahkan LHKPN,” kata Laode bersama Muhadjir di kantor KPK.

Laode mengaku gembira atas kunjungan Muhadjir yang sekaligus menyetor LHKPN tersebut. “Saya sebut saja bapak menteri pertama yang menyerahkan LHKPN dari sekian menteri yang baru,” katanya, seperti dilansir jpnn.com.

Muhadjir menanggapi santai. Bahkan, ia mengaku sebenarnya tidak ingin menjadi yang pertama menyetor LHKPN. “Sebetulnya saya tidak bermaksud menjadi yang pertama untuk penyerahan LHKPN,” kata dia.

Menurut dia, yang lebih penting ia ingin berkonsultasi kepada KPK. Terutama saran dan masukan sebelum menjalankan semua tugas di Kemendikbud. (boy/jpnn)