Mengagumkan, Apresiasi Juri untuk Warga RW 03 Ranca Kareo

0
344 views

BAROS – Rasa kagum terpancar dari wajah juri tim 19 Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Apresiasi juga diberikan oleh juri kepada warga yang telah mengubah RW 03, Kampung Ranca Kareo, Desa Sinarmukti, Kecamatan Baros, menjadi lingkungan yang bersih, indah, dan aman.

Di kampung ini, warganya telah mengubah lahan kosong menjadi taman yang cukup indah. Oleh warga taman ini dinamakan Taman Terpadu Kampung Koela. Padahal, lahan yang dijadikan taman ini, sebelumnya untuk membuang sampah dan tempat untuk buang air besar (BAB) alias dolbon (modol di kebon).

Hasil kerja keras dan kerja ikhlas itu membuat warga RW 03 percaya diri ketika menghadapi penilaian LKBA. Hal ini tergambar dari sambutan warga untuk tim juri yang cukup merih.

Tim juri kemudian berkeliling kampung untuk melihat hasil penataan oleh warga. Di beberapa titik, tim juri berhenti untuk penghijauan di halaman rumah warga.

Tim juri kemudian diajak masuk ke Taman Terpadu Kampung Koela. Taman ini luasnya 900 meter persegi.

Juri kagum, karena dari keterangan warga, lahan yang digunakan warga adalah bekas tempat pembuangan sampah liar dan tempat anak-anak dolbon. Namun, tempat itu kini menjadi pusat kegiatan warga.

“Ini sangat luar biasa, warga kampung ini sudah sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Buktinya, mereka bergotong royong membangun taman di lokasi yang sebelumnya dipenuhi tumpukan sampah. Taman yang dibangun pun tidak terlihat asal-asalan, bahkan sangat terkonsep. Selain dipenuhi tanaman, ada spot selfie-nya, taman bermain anak, taman baca, apotek hidup. Semua dikumpulkan di taman ini,” tutur Sabit, salah satu juri LKBA.

Bripka Urip Hadi, juri lainnya, juga memberikan penilaian positif soal keamanan lingkungan RW 03. Menurutnya, kriteria penilaian kampung aman telajh terpenuhi.

“Lahan untuk pos ronda bukan milik warga lagi, sudah diwakafkan ke desa. Bukti berkas administrasinya lengkap. Bangunannya sudah permanen. Ini sudah sangat bagus,” jelas Urip. (rio/don)