Mengaku Petugas Telkom, Ternyata Maling Kabel Optik

Satu Kabur, 10 Dibekuk Polisi

Tersangka pencurian kabel optik sedang tiarap setelah petugas gabungan Polres Cilegon melakukan penangkapan di bawah Flyover Cibeber, Kota Cilegon pada Sabtu (7/4) dini hari. DOK: POLISI

CILEGON – Kawanan kelompok pencuri kabel optik milik Telkom berhasil dibekuk oleh tim operasional (Opsnal) Polres Cilegon bekerja sama dengan Polsek Cibeber di bawah Flyover Cibeber Kota Cilegon pada Sabtu (7/4) sekira pukul 04.00 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun, kawanan pencuri tersebut sudah melakukan aksinya selama tiga hari, yakni dari mulai Kamis hingga Sabtu. Pelaku melakukan aksinya menyamar sebagai pegawai Telkom yang hendak membenarkan kabel optik milik Telkom. Tidak hanya itu, untuk mengelabui warga sekitar, kawanan pelaku memakai seragam dan jaket warna merah layaknya pegawai Telkom.

Namun, warga yang curiga terhadap gerak-gerik dan pekerjaan pelaku, lantaran bekerja pada malam hari. Akhirnya salah seorang warga melaporkan pekerjaan pelaku ke Mapolres Cilegon. Petugas kepolisian yang mendapatkan informasi dari warga langsung datang ke lokasi dan berhasil membekuk 10 orang yang diduga mencuri kabel optik milik Telkom. Dalam penangkapan satu pelaku berhasil melarikan diri. Kawanan pelaku yang dibekuk oleh petugas langsung dibawa ke Polres Cilegon guna pemeriksaan lebih lanjut, petugas juga mengamankan barang bukti kabel optik yang sudah dilepas oleh pelaku.

Salah seorang warga sekitar, Herman mengatakan, kawanan pelaku setiap sore bilang kepada pemilik warung sekitar bahwa akan melakukan pekerjaan di malam hari. “Itu juga dibobol,” tandasnya sambil menunjuk ke tembok flyover.

Terpisah, Humas Polres Cilegon Ipda Sigit Darmawan mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari warga, langsung ke tempat kejadian perkara (TKP) dan berhasil mengamankan pelaku sebanyak 10 orang. “Kami amankan pelaku dan barang buktinya di Polres Cilegon,” tandasnya. (Adi/RBG)