Mengeluh di Sosmed Sih

Dampak media sosial (medsos) yang bisa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat dialami Ubay (36), nama samaran, dan istri tercinta, sebut saja Mia (35). Kesibukan kerja membuat mereka jarang berkomunikasi, Mia pun lebih nyaman curhat di sosmed. Membuat Ubay malah kena rundung teman dan tetangga. Astaga.

Ditemui Radar Banten di salah satu kafe di Kota Serang, Ubay malam itu sedang nongkrong bersama teman-teman. Semakin malam, Ubay mulai berani membuka diri dan menceritakan soal pengalamannya berumah tangga.

Peristiwa itu terjadi lima bulan lalu, Ubay sering dirundung atau di-bully teman-teman dan tetangga karena unggahan status Mia yang mengeluhkan segala hal tentang hubungan rumah tangga di sosmed.

“Karena saya enggak main medsos, jadi agak bingung pas orang-orang pada ngeledekin terus. Eh, ternyata gara-gara postingan istri,” katanya.

Diceritakan Ubay, salah satu postingan Mia yang sempat bikin heboh orang-orang di sekitarnya ialah postingan bertuliskan, ‘malam Jumat begini-gini aja, punya suami serasa hidup sendiri’. Besoknya, hebohlah teman-teman Ubay. Ada yang mem-bully, dijadikan bahan tertawaan, ada juga yang sok menasihati.

“Padahal malam itu saya memang lagi kerja lembur,” kilahnya. Ya ampun Kang, makanya jangan terlalu sibuk kerja.

Maklumlah, Ubay kerja di Jakarta sebagai pelayan restoran yang buka sampai larut malam. Pulang seminggu sekali setiap Senin dan Selasa. Meski begitu, ekonomi rumah tangga tercukupi, ia bisa membangunkan rumah dan membeli kendaraan pribadi untuk anak istri di Serang.

Kalau dari penampilan, Ubay tampak biasa. Sedikit berjenggot dan berkacamata, pembawaanya juga kalem dan asyik diajak mengobrol. Sedangkan Mia, kata Ubay, termasuk wanita pendiam dan jarang ngobrol. Tapi, Mia termasuk cantik dan punya body aduhai.

Ubay sih sebenarnya sudah tahu karakter yang pendiam. Setiap ada di rumah, mereka juga jarang mengobrol. Bagi Ubay, yang penting tugas menafkahi sudah beres, urusan harmonis atau tidak bisa diatur. “Ternyata dia malah curhatnya ke medsos,” kesalnya.

Setelah ada tetangga yang menunjukkan postingan Mia, Ubay langsung menegur sang istri. Keributan sempat terjadi, cekcok adu mulut itu sampai mengundang perhatian tetangga. Ubay memilih pergi karena malu. “Akhirnya tiga hari kita saling diam-diaman,” akunya.

Permasalahan mereka pun diketahui kedua orangtua Mia. Ubay pun diminta datang menemui mertuanya, di sana mereka dipertemukan dan saling meminta maaf. Sejak itu Mia tidak pernah lagi memposting yang macam-macam soal rumah tangga di medsos. “Alhamdulillah sekarang mah sudah enggak ada yang nge-bully saya,” katanya.

Oalah, sabar ya Kang Ubay, mungkin waktu itu Teh Mianya lagi galau. Hehe. (mg06/zee/ira)