Mengembalikan Dalung sebagai Daerah Jambu Biji

0
726 views

CIPOCOK JAYA – Warga RT 01 RW 01, Kelurahan Dalung, Kecamatan Cipocok Jaya, berencana memenuhi perkampungannya dengan pohon jambu biji. Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 membuat warga ingin mengembalikan wilayahnya yang pernah dikenal sebagai daerah pemasok jambu biji.

“Iya, kita akan tanami pohon jambu biji di setiap halaman rumah. Dulu, daerah kita terkenal sebagai daerah pemasok jambu biji,” kata Ketua RW 01 Hari, Selasa (7/4).

Namun, saat ini, pohon jambu biji sudah susah ditemukan di salah satu perkampungan di Lingkungan Dalung ini. “”Soal itu (cerita Dalung yang dikenal sebagai daerah jambu biji-red) hanya orang tua yang tau. Oleh karena itu, kita ingin kembalikan lagi julukan itu,” jelas Hari.

Pemilihan pohon jambu biji ini, menurutnya, setelah warga RT 01 RW 01 sepakat untuk melakukan penghijauan. Beberapa warga, disebutkan, telah menanam bibit pohon tersebut di halaman rumahnya. “Karena, kita dapat bibitnya dari dinas. Sekarang masih nunggu kiriman (bibit pohon jambu bji-red) lagi,” ungkap Hari.

Menghadapi LRLA, warga RT 01 RW 01 juga berusaha meningkatkan kebersihan kampungnya, termasuk saluran pembuangan air. Satu kali dalam sepekan, warga rutin kerja bakti. Warga melakukannya pada hari Jumat atau Minggu.

“Kalau airnya (di saluran pembuangan air-red) menggenang kan bisa menimbulkan penyakit,” ujar Hari.

Kasi Kesejahteraan Sosial, Pemerintah Kelurahan Dalung, Eko menambahkan bahwa Lingkungan Dalung telah memiliki kelompok sadar wisata (pokdarwis). Kelompok ini berusaha menjadikan jambu biji sebagai komoditas wisata di lingkungan mereka. “Nah, kampung jambu biji itulah yang nanti kita jadikan unggulan,” terangnya.

Eko mengatakan, menghadapi LRLA, pihaknya menyerahkan kepada warga sepenuhnya soal konsep penataan lingkungan. “Biar warga bisa berkreasi sendiri. Yang terpenting adalah, apabila mau ada tulisan-tulisan di tembok, diharapakan tidak sembarangan dan memiliki pesan moral untuk masyarakat,” imbaunya. (rio/don)