Mengenal Kidzania Lebih Jauh

FOTO: wisata-jalan-jalan.kampung-media.com

Fase anak-anak merupakan fase yang paling menyenangkan di dalam kehidupan seorang manusia. Di dalam fase anak-anak inilah hidup selalu diisi dengan segala sesuatu yang menggembirakan, salah satunya adalah bermain. Bermain bisa dilakukan di mana saja, termasuk di Kidzania. Segala sesuatu tentang Kidzania ini akan diuraikan secara panjang lebar pada pembahasan berikut ini.

Sekilas Tentang Kidzania

Kidzania merupakan wahana bermain yang khusus ditujukan untuk anak-anak. Kidzania berlokasi di salah satu gedung dan pusat perbelanjaan besar yang berada di ibu kota negara Indonesia, Jakarta. Kidzania memang khusus dirancang seperti sebuah kota. Itulah sebabnya Kidzania sering disebut juga dengan Kota Kidzania.

Kidzania terletak di dalam sebuah gedung megah bernama Pacific Place, tepatnya di lantai enam. Tempat ini berada di salah satu jalan paling sibuk dan paling ramai di Jakarta, Sudirman. Meskipun berada di dalam gedung, lahan yang dimiliki oleh Kidzania sangatlah luas yaitu 7.500 meter persegi. Kurang lebih bisa memuat sampai dengan 1.200 anak-anak dan dewasa sebanyak 600 orang. Letaknya yang berada di tengah kota Jakarta, memudahkan anda yang datang dari luar kota untuk beristirahat di sekitar Sudirman, karena banyak akomodasi Jakarta yang dapat anda temukan disana.

Paviliun (sebutan untuk wahana permainannya) yang ada di Kidzania banyak sekali, berjumlah 71 buah. Di dalam 1 buah paviliun ini memberikan pilihan sebanyak 130 profesi kepada anak-anak. Paviliun juga disebut dengan nama Establishment.

Sebanyak 130 profesi sering sekali dijumpai oleh anak-anak, terutama anak-anak yang tinggal di perkotaan. Profesi yang anak-anak kerap melihatnya, seperti dokter, polisi, pemadam kebakaran, wartawan, penyanyi, hakim, penjual coklat, pilot, pembuat kue donat, banker, pekerja sebuah gedung, petugas pom bensin, pembalap, perancang busana, masinis dan banyak profesi yang lainnya lagi.

Kota Kidzania ini memang sepenuhnya milik dunia anak-anak. Anak-anak bebas mengekspresikan diri menjadi apa saja yang mereka inginkan. Mereka bisa langsung mempraktekkannya di sini. Sudah tersedia dengan lengkap segala sarana dan prasarananya. Settingannya atau dekorasinya dibuat mendekati aslinya.

Harga Tiket Masuk Ke Kidzania

Berikut dibawah ini uraian mengenai harga tiket masuk ke Kidzania per Februari 2019 yang bisa dijadikan referensi, yang berguna bagi orang tua yang suatu saat memiliki rezeki berlebih ingin membawa anak-anaknya bermain di sini :

Harga tiket masuk di hari Senin hingga Jumat :

  • Untuk anak-anak yang berusia antara 2 sampai 3 tahun (Toddler) membayar 50.000 rupiah
  • Untuk anak-anak yang berusia antara 4 sampai 16 tahun (Child) membayar 225.000 rupiah
  • Untuk anak-anak yang berusia di atas 16 tahun (Adult) membayar 175.000 rupiah

Harga tiket masuk di weekend :

  • Untuk toddler diharuskan membayar 100.000 rupiah
  • Untuk child diharuskan membayar 275.000 rupiah
  • Untuk adult diharuskan membayar 225.000 rupiah

Ada perkecualian untuk mereka yang usianya sudah terhitung lanjut, yang diistilahkan sebagai Senior yakni yang berumur 65 tahun ke atas. Mereka tidak diwajibkan untuk membayar tiket masuk, atau digratiskan.

Tips Membawa Anak Ke Kidzania

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan yang bisa dicermati oleh orang tua dalam membawa anak-anak berkunjung ke Kidzania, antara lain :

  • Datanglah di saat jam-jam yang tidak begitu ramai oleh pengunjung, misalnya di hari biasa. Atau pada Jum’at siang sesudah anak pulang sekolah yaitu sekitar di atas jam 3 siang. Jam tersebut adalah waktu masuk di sesi kedua jam operasional (jam 15.00 – 20.00).
  • Setelah sampai di Kidzania sebelum bermain sepuasnya, sempatkanlah anak-anak untuk terlebih makan. Agar anak-anak bermain dalam energi yang cukup dan bertenaga.
  • Sebaiknya anak-anak dipilihkan pakaian yang nyaman, yang membuat mereka bebas bergerak dan menyerap keringat. Pakaikanlah celana yang memiliki saku untuk menyimpan uang Kidzos, kartu ATM dan SIM. Demikian pula halnya dengan sepatunya, pilihlah sepatu yang empuk.

Jika ingin berkunjung ke Kidzania, anda perlu membeli tiket masuk yang telah dijelaskan diatas. Anda dapat membelinya langsung atau anda dapat mengunjungi website www.traveloka.com untuk memperoleh harga miring masuk ke Kidzania. Setelah membeli, anda akan mendapatkan voucher. Sebelum masuk ke area tempat bermainnya tunjukkanlah voucher tersebut. Penukaran voucher Traveloka dapat dilakukan paling lambat satu setengah jam sebelum jam operasionalnya ditutup, yakni sembilan puluh menit sebelum jam 8 malam. Dengan begitu, anak anda siap untuk menjelajahi Kidzania!