Rani Partadireja, Q Grader Navire Cafe.

CILEGON – Navire Cafe specialty coffe and tea kini hadir di Kota Cilegon. Tepatnya di Ruko Bonakarta A25, belakang Kampus LP3I Kota Cilegon. Nama Navire ini sendiri diambil dari bahasa Prancis yang artinya Kapal. Suasana berada di kapal dihadirkan oleh cafe ini.

Menariknya lagi di Navire Caffe ini ada sosok seorang Q Grader yang meracik pesanan konsumennya. Sehingga rasa kopi yang disajikan akan lebih memanjakan para penikmat kopi.

Q Grader? Sepertinya Q Grader ini masih sedikit asing terdengar ditelinga masyarakat Cilegon.

Q Grader adalah orang yang bertanggung jawab menjalankan sistem penilaian rasa dari suatu biji kopi untuk menetapkan nilai standar kopi dari yang berlaku universal menjadi kopi dengan aroma dan rasa yang istimewa, diatas kopi rata-rata pada umumnya.

“Q Grader di Indonesia hanya ada 88 orang, itu tahun kemarin (2016). Saya lulus tahun kemarin yang dapat sertifikat dari Amerika, yang muslimahnya cuma saya,” ujar Rani Partadireja, Q Grader Navire Cafe, Senin (14/8).

Ia mengaku mengambil cafe spesialty bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat melalui konsumennya tentang apa itu kopi sehat. Berdasarkan pengamatannya untuk di Kota Cilegon ini sendiri belum ditemui cafe yang menyajikan kopi spesialty tersebut.

“Spesialty itu artinya kopi non defect. Jadi kualitasnya diatas kopi komersial dan premium. Cilegon ini banyak ekspatriat dan orang-orang middle up yang butuh kopi yang betul,” tuturnya.

Harga kopi dan teh yang disediakan di cafe ini cukup bersahabat mulai dari Rp.10 ribu sampai dengan Rp.30 ribu. Bagaimana? minat mencoba! (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)