LOSANGELES—Para legenda musik dunia diberi penghormatan pada pesta musik dunia paling bergengsi, Grammy Awards. Ada beberapa musisi yang namanya dikenang di Staples Center, Los Angeles, itu.

Lady Gaga membawakan lagu mendiang David Bowie yang meninggal pada 10 Januari lalu. Gaga membawakan empat hit Bowie, yakniSpace Oddity, Let’s Dance, Changes dan Heroes.

Gaga berdandan serupa Bowie. Rambutnya dicat merah dan ditata dengan model shaggy seperti salah satu gaya mendiang saat tenar. Mengiringi Gaga, Nile Rogers, yang sering tampil bersama Bowie, memainkan gitar.

Bagi Gaga, penampilan tribute itu sangat berkesan. ”Sejak lama, saya selalu terinspirasi oleh mendiang Bowie. Mulai gaya, musik, hingga aksi panggung,” kata Gaga.

Tribute untuk mendiang Glenn Frey dibawakan para anggota Eagles lainnya, yakni Don Henley, Joe Walsh, dan Timothy B. Schmit. Mereka juga menggandeng Jackson Browne untuk bermain bersama. Eagles mengaransemen ulang Take It Easy.

B.B. King, legenda blues yang meninggal dunia pada Mei 2015, juga dibuatkan sesi tribute. Bonnie Rait, Gary Clarke Jr., dan Chris Stapleton berkolaborasi membawakan hit The Thrill Is Gone.

Terakhir adalah mendiang Lemmy Kilmister, anggota band rock Inggris Motorhead, yang meninggal 28 Desember lalu. Tribute dibawakan the Hollywood Vampire, band yang digawangi Johnny Depp, Alice Cooper, Duff McKagan, dan Joe Perry. (CBS/len/c6/jan/flo/jpnn)