Menggantungkan Harapan di Taman Harapan RT 01 Kelapadua

0
726 views

SERANG – Taman Harapan. Nama sebuah taman yang dibangun warga RT 01 RW 07, Lingkungan Kelapadua, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, di lingkungannya. Sesuai namanya, taman yang menjadi pelengkap kesempurnaan penataan lingkungan RT ini menjadi harapan warganya untuk bisa menjuarai Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Ketua RT 01 Rukman Permana mengakui hal itu. Ia mengatakan, penamaan taman di atas lahan seluas 300 meter persegi itu juga sebagai doa dan harapan warganya agar RT 01 selamanya hijau. Warganya merasa aman dan tenteram.

“Warga pada senang punya Taman Harapan,” kata Rukman kepada Radar Banten, Minggu (21/6).

Taman Harapan dibangun atas kesepakatan pemilik lahan dengan warga RT 01. Pasalnya, selama ini, RT 01 belum memiliki tempat berkumpul yang asik.

Setelah Taman Harapan terbangun, ibu-ibu yang biasanya ngobrol di pekarangan rumah, beralih ke taman. Setiap sore hari, mereka mengajak anak-anaknya bermain di Taman Harapan.

“Kita tetap pakai standar protokol Covid-19. Ada hand sanitizer dan jaga jarak,” terang Rukman.

Taman ini telah dipagari dengan bambu. Warga mengecatnya dengan beberapa warna cerah.

Di bagian taman, ada jalan setapak berbentuk melingkar. Di pinggirnya, diletakkan beberapa kursi. Pohon hijau ditanam di bagian tengah taman. “Sebenarnya, ini belum selesai semua,” jelas Rukman.

Rencananya, lanjut Rukman, warga akan menambah jumlah pohon di taman agar lebih hijau. Tanaman bunga juga bakal ditanam di Taman Harapan.

Wahana bermain anak seperti perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan juga direncanakan untuk melengkapi Taman Harapan. “Kita targetkan, pekan depan udah selesai,” tegas Rukman.

Soal kategori penilaian LRLA, ia mengaku telah melengkapinya. Tidak hanya persyaratan fisik. Persyaratan adminisitrasi seperti legalitas pembentukan kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok penggerak sadar hukum telah diurus di Pemerintah Kelurahan Kagungan. Dokumentasi kegiatan warga RT 01 saat bergotong royong pun telah disiapkan. Termasuk swadaya warga RT ini. “Semua catatan ada. Warga iuran Rp100 ribu per rumah untuk penataan,” ungkap Rukman.

Lurah Kagungan H Sobirin menambahkan, melalui LRLA Kota Serang 2020, pihaknya memberi kebebasan kepada warga untuk menyalurkan kreativitas saat membersihkan dan mengamankan lingkungannya. “Kekompakan warga di Kelapadua tidak diragukan lagi. Saya optimis bakal mendapat hasil maksimal,” ungkapnya. (mg06/don)