Mengunjungi Dom Edukunci, Wisata Edukasi Anak

Anak-anak berkunjung ke Dom Edukunci atau Edukasi Kupu-kupu dan Kelinci, Jumat (10/5). Mereka diberi pengetahuan tentang kupu-kupu dan kelinci serta berfoto bersama.

TANGERANG – Ada suguhan baru di Taman Kupu-kupu dan Kelinci (Kunci) Kota Tangerang belum lama ini. Taman tematik yang berada di depan Taman Potret itu kini menghadirkan Dom Edukunci atau Dom Edukasi Kupu-kupu dan Kelinci.

Tempat yang asri dengan suguhan kupu-kupu dan kelinci yang bisa dilihat oleh anak-anak itu bisa dijadikan referensi menghabiskan libur akhir pekan maupun ngabuburit di bulan Ramadan. Dan yang terpenting wisata edukasi yang bisa dilakukan dengan keluarga itu tidak perlu merogoh kocek sama sekali alias gratis untuk warga.

Kabid Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Tihar Sopian mengatakan, Dom Edukunci merupakan wahana baru yang bisa dimanfaatkan para pengunjung untuk lebih mengetahui seputar kupu-kupu dan kelinci. ”Jika pengunjung masuk ke area Dom Edukunci mereka akan menemui papan cantik yang isinya menjelaskan tentang karakteristik, jenis, dan kehidupan kupu-kupu maupun kelinci,” katanya kepada Radar Banten, Jumat (10/5).

Tak perlu khawatir jika para pengunjung masih butuh penjelasan tentang kupu-kupu maupun kelinci. Di lokasi tersebut ada Metazoa 25 atau petugas satwa yang standby untuk memandu para pengunjung. ”Kalau ada pengunjung yang ingin tanya-tanya juga bisa ke petugas yang berjaga,” ungkapnya.

Pada bulan Ramadan ini, lanjut Tihar, Dom Edukunci juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bermain dengan anak sambil memberi edukasi. ”Saat sore hari belakangan memang cukup ramai, mungkin mereka menghabiskan waktu sambil ngabuburit,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tihar juga menuturkan, Dom Edukunci juga biasa dikunjungi oleh siswa PAUD, TK, dan SD di Kota Tangerang. ”Kalau ada pembelajaran tentang satwa, sekolah bisa mengajak siswanya ke sini. Untuk PAUD dan TK bisa mengajak siswanya agar lebih mengenal kupu-kupu dan kelinci,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Dom Edukunci Winda Ely Sari mengapresiasi upaya Pemkot Tangerang yang terus berupaya mempercantik taman-taman tematik. ”Dom Edukunci cocok untuk wisata edukasi keluarga. Untuk anak-anak tempat ini sangat menarik dengan hiasan-hiasan kupu-kupu, kita juga bisa memberitahu tentang kupu-kupu dan kelinci ke mereka,” ungkapnya. (one/asp/sub)