Menhub dan Menteri BUMN Tinjau Pelabuhan Merak

0
975 views

CILEGON – Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang didampingi Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fami dan rombongan meninjau Pelabuhan Merak, Senin (26/12).

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan kedatangannya untuk memantau perkembangan Pelabuhan Merak-Bakauheni pada angkutan libur Natal dan tahun baru 2017. “Semuanya lancar, alhamdulilah. Walaupun jika dilihat dari jumlah ada sedikit penurunan dari tahun lalu,” ujar Rini.

Ia bersama Menhub juga melihat perkembangan pembangunan dermaga tambahan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Pelabuhan Merak selain sebagai sarana transportasi laut, juga menjadi destinasi wisata. “Merak ini juga harus menjadi salah satu destinasi wisata, masyarakat yang datang ke sini bukan hanya untuk menyeberang tapi juga ada entertainmentnya. Sebentar lagi di 2018 sebagian jalur trans Sumatera sudah selesai,” katanya.

Rini mengimbau agar PT ASDP Indonesia Ferry menyediakan penyeberangan dengan skala premium agar pengangkutan penumpang kendaraan mobil pribadi dapat lebih banyak. “Kalau sudah siap jalur (tol) di Sumatera maka akan lebih banyak kendaraan pribadi yang menyeberang. Jadi ini semua disiapkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rini menjelaskan, pembangunan dermaga enam akhir Februari telah selesai dan sudah siap untuk dipakai. “Kita targetkan akhir Februari saya sama Pak Menteri akan menyeberang ke sana (Pelabuhan Bakauheni) untuk melihat yang di Bakauheni sudah siap dipakai atau tidaknya,” ucapnya. (Riko)