Menhub Nilai Pelabuhan LCT Bojonegara Tidak Layak Operasi

0
708 views

CILEGON – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menilai Pelabuhan Landing Craft Tank (LCT) di Bojonegara, Kabupaten Serang tidak layak.

Menteri Budi menilai Pelabuhan LCT tersebut belum memiliki standar keamanan untuk beroperasi.

Hal tersebut dikatakan Budi setelah dirinya beserta rombongan Menhub memeriksa fasilitas yang ada di Pelabuhan tersebut, mulai dari areal parkir, dermaga hingga kapal LCT, Senin (12/12) kemarin.

“Ini Pelabuhan tidak layak. Tapi kita biarkan beoperasi sementara untuk angkutan Natal dan Tahun Baru,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Sebagai pelabuhan muatan barang, truk ekspedisi, dan penumpang, Budi berpesan agar Pelabuhan LCT Bojonegara dapat mengedepankan standar keamanan. Budi menilai masih banyak faktor keselamatan penumpang yang belum terpenuhi di pelabuhan tersebut. “Jangan timbang pilih disana (ASDP Merak) semua perizinan lengkap disini juga harus lengkap,” katanya.

Budi menegaskan semakin banyak pelabuhan maka akan semakin membuktikan kemajuan perekonomian Indonesia. Akan tetapi, sambung Budi pemilik pelabuhan harus melengkapi syarat-syarat dan peraturan yang harus dipenuhi yang telah diatur oleh Kementrian. “Jangan asal bangun saja, kalo seperti inikan bahaya untuk keselamatan penumpang,” tuturnya. (Riko)