Menhub Punya Permintaan Khusus untuk Operator Kapal Penyeberangan

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Foto dok Kementerian Perhubungan

JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta operator kapal penyeberangan, khususnya PT ASDP segera menerapkan sistem penjualan tiket secara online. Hal itu diminta Jonan untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang di pelabuhan.

“Sudah setahun lalu saya mengimbau menggunakan teknologi informasi (penjualan tiket online) untuk memperlancar dan efisiensi pelayanan,” ujar Jonan saat meninjau mobile e-ticketing PT. ASDP Cabang Merak di rest area KM 68 tol Jakarta-Merak, Minggu (2/7), seperti dilansir jpnn.com.

ASDP pada Lebaran tahun ini baru membuka layanan mobile e-ticketing, yang ada di rest area KM 43 dan KM 68 tol Jakarta – Merak. Di sana, penumpang bisa membeli tiket kapal penyeberangan Merak-Bakauheni, tanpa harus antre lagi di pelabuhan.

Namun, Jonan menilai perbaikan yang dilakukan ASDP belum sepenuhnya sempurna. Karena itu, mantan dirut KAI ini meminta kepada PT ASDP untuk segera menerapkan sistem penjualan tiket secara online di 14 pelabuhan utama yang dikelola perseroan.

Menurutnya penerapan sistem online bisa diterapkan dalam waktu kurang lebih enam bulan ke depan.

“ASDP kan mengelola banyak pelabuhan, 14 Pelabuhan penyeberangan yang ramai saja dulu (dibuat sistem online). Saya pikir kalau dipaksa kira-kira enam bulan bisa (diterapkan),” tandas Jonan. (chi/jpnn)