Menikmati Tempat Wisata Candi Prambanan yang Eksotis

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan destinasi berlibur yang tak pernah mengecewakan. Suasana yang hangat dan beragam tempat wisata di kota Jogja yang ada membuat rindu untuk kembali ke kota ini. Mulai dari bangunan bersejarah seperti Candi Prambanan, museum peninggalan sejarah, hingga deretan cafe dan tempat berbelanja, semua ada di Jogja.

Menyuguhkan keindahan dan kaya akan kebudayaan, Candi Prambanan masih menjadi primadona tujuan wisata di Kota Jogja. Yuk, intip apa saja yang disuguhkan oleh Candi Prambanan

Sekilas Tentang Candi Prambanan

Sebagian besar masyarakat Indonesia meyakini suatu legenda secara turun temurun mengenai asal muasal candi ini. Konon katanya, Candi Prambanan terbentuk akibat kisah cinta tak sampai antara Bandung Bondowoso kepada Roro Jonggrang.

Namun, jika dilihat dari sisi sejarah, candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan (Raja Kerajaan Mataram Kuno). Pembangunan Candi Prambanan dilakukan pada tahun 850, waktu yang berdekatan dengan pembangunan Candi Borobudur. Pembangunan candi ini ditujukan untuk menghormati Dewa Siwa yaitu dewa tertinggi umat Hindu. Candi Prambanan tidak hanya terdiri dari satu candi melainkan banyak candi. Namun, beberapa candi di sekitar kompleks Candi Prambanan sudah banyak yang tidak sempurna lagi.

Keindahan setiap candinya seakan membius wisatawan yang datang, bukan hanya domestik namun juga mancanegara. Candi Prambanan menjadi destinasi wisata Kota Jogja yang wajib dikunjungi. Selain menikmati keindahan candi, terdapat pula satu pertunjukan seni yang populer, yaitu Sendratari Ramayana. Pertunjukan sendratari ini menceritakan tentang kisah Ramayana yang terukir pada relief di Candi Prambanan.

Jika berkunjung saat musim kemarau, sendratari ini akan dilakukan di ruang terbuka dengan latar belakang candi utama. Namun jika musim penghujan, pertunjukannya akan dipindah pada auditorium yang tertutup. Pertunjukan ini memiliki jadwalnya tersendiri, oleh karena itu kamu harus cek jadwal pementasan sebelum pergi ke Candi Prambanan. Dikarenakan pertunjukannya yang sangat bagus untuk ditonton maka jangan sampai kamu melewatkan pertunjukan kesenian yang penuh kebudayaan ini, ya!

Fasilitas yang Tersedia

Obyek wisata yang menarik tanpa adanya fasilitas yang nyaman untuk pengunjung tentu saja menyebalkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena pengelola wisata Candi Prambanan sudah menyiapkan fasilitas yang akan membuatmu nyaman, yaitu:

  • Toko Souvenir
  • Restaurant
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Mushola
  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet
  • Jasa Tour Guide

Jam Buka dan Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Jam buka Candi Prambanan adalah setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00. Di dalam lingkungan candi, kamu tidak hanya dapat berkeliling dan melihat candi saja. Terdapat banyak aktivitas lain yang dapat kamu lakukan, seperti bersepeda santai, dan memberi makan rusa. Untuk masing-masing aktivitas tersebut akan dikenakan biaya tambahan mulai dari Rp3.000,00 hingga Rp50.000,00.

Lokasi dan Rute Candi Prambanan

Candi Prambanan berada di daerah Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Melalui Jalan Ringroad, berkendaralah menuju ke arah timur Jogja. Setelah berjumpa Jalan Solo, silahkan berjalan lurus ke arah timur hingga kamu mendapati bangunan candi besar di sebelah kiri. Sedangkan dari Bandar Udara Adisutjipto, Candi Prambanan terletak di arah timur. Perjalanan yang ditempuh sekitar 15 menit dari bandara.

Jika kamu sudah selesai berkunjung di Candi Prambanan, tidak ada salahnya untuk mampir dan menikmati keindahan Candi Ratu Boko yang asri. Yuk, siapkan koper kamu dan berangkat ke berbagai destinasi di Kota Jogja!