Menjadi Konsumen Cerdas dengan Beli Yang Baik

0
1774

JAKARTA – Pada momen Hari Konsumen Nasional pada 20 April dan Hari Bumi 22 April, Yayasan WWF Indonesia menyelenggrakan “‘Beli Yang Baik’ Sustainable Consumption and Production Expo” pada 20-24 April 2021.

Melalui pameran yang dilakukan secara virtual dan non virtual, Yayasan WWF Indonesia mengajak para pelaku usaha dan juga para produsen di Indonesia untuk menampilkan berbagai inisiatif dan gagasan yang mencerminkan prinsip dan praktik konsumsi dan produksi berkelanjutan pada produk-produk yang dihasilkan.

Acara dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti pameran virtual dan non virtual, dialog multi pihak, talkshow dan workshop dengan para pakar dan pelaku usaha dan produksi keberlanjutan, aktivitas untuk anak-anak dan juga hiburan ringan.

Kampanye Beli Yang Baik mengusung enam aksi Beli Yang Baik untuk konsumsi bertanggung jawab, yaitu: Beli Yang Perlu, Beli Yang Lokal, Beli Yang Alami, Beli Yang Awet, Beli Yang Ekolabel, dan Mau Dibawa Kemana (sampahnya).

“Kampanye Beli Yang Baik sejalan dengan tujuan 12 Sustainable Development Goals, yaitu pencapaian konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui edukasi dan penyadartahuan mengenai konsumsi dan produksi berkelanjutan langsung pada konsumen,” jelas Lukas Adhyakso, Chief Operating Officer Yayasan WWF Indonesia, dalam keterangan tertulis, Selasa (20/4).

Pameran akan diikuti oleh 95 tenant yang berpartisipasi secara virtual yang terbagi menjadi enam kategori yaitu makanan dan minuman, busana dan aksesoris, produk minim sampah, perawatan tubuh dan kecantikan, toko ramah lingkungan dan jasa ramah lingkungan. (aas)