PANDEGLANG – Ratusan anggota Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten diberikan pelatihan penyelamatan korban tenggelam di Pantai Pasir Putih Carita, Kecamatan Carita, Selasa (12/2). Kegiatan yang disaksikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya ini untuk melatih kemampuan dan kesigapan petugas dalam memberikan tindakan penyelamatan.

Juga turut menyaksikan Bupati Pandeglang Irna Narulita dan perwakilan Dinas Pariwisata Banten.

Ketua Umum Balawista Banten Ade Ervin menjelaskan, Balawista memiliki keterampilan penyelamatan yang baik dapat memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berlibur di pantai.

“Di setiap destinasi wisata harus ada petugas penyelamat guna memberikan kenyamanan kepada para wisatawan. Dengan begitu, wisatawan bisa merasa betah dan nyaman ke Pandeglang,” katanya.

Menpar Arief Yahya berharap, kemampuan anggota Balawista terus meningkat. “Para petugas harus bisa bertindak cepat dan sigap ketika ada wisatawan yang tenggelam. Petugas Balawista juga memiliki peran sangat penting dalam memberikan kenyamanan kepada wisatawan. Karenanya para petugas harus terus meningkatkan kemampuan,” katanya. (Adib Fahri/Aas)