Menpora Ingin Turunkan Atlet Muda di SEA Games 2019

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (Dok. Kemenpora)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi tetap ingin menurunkan atlet pelapis di kejuaraan SEA Games 2019 mendatang. Hal ini dilakukan untuk menambah jam terbang para atlet belia.

Seperti diketahui, Kemenpora sebelumnya telah meminta pada cabang olahraga untuk mengirimkan 60 pemain pelapis dan 40 atlet senior di SEA Games 2019. Mereka nantinya akan bersaing dalam 56 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Filipina dari 30 November hingga 10 Desember mendatang.

“Silahkan cabang olahraga menyesuaikan dengan kebijakan itu. Karena apa? agar atlet junior lebih banyak punya jam terbang bertanding dan pengetahuan bertemu dengan atlet lain di kawasan ASEAN,” kata Imam, dilansir JawaPos.com.

Menurutnya, sejauh ini masih banyak cabor yang mempertahankan atlet seniornya dengan alasan peluang medali. Padahal untuk tingkat atlet senior, persaingannya telah masuk dalam level Asia yang teruji di Asian Games 2018 lalu.

“Level pemain senior kita ini benar-benar sudah di Asian Games bukan SEA Games lagi. Dan karena itu kita memberikan peluang buat altet junior,” katanya.

Dengan begitu, Imam berharap para cabor dapat menghargai dan menghormati keputusan tersebut. Terlebih para atlet senior harus mempersiapkan diri menuju Olimpiade 2020 mendatang.

“Jangan kemudian kami dipaksa. tapi kami pemerintah punya kebijakan utnuk memberikan ruang yang luas bagi atlet junior untuk bisa punya pengalaman,” tutup Imam. (JPC)