Menteri BUMN: Tahun 2017 Pemudik di Indonesia Meningkat 30 Persen

0
5.320 views
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau Pelabuhan Merak, Sabtu 24/6).

CILEGON – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyebutkan jumlah pemudik pada arus mudik Lebaran tahun 2017 ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2016 lalu. Peningkatan jumlah pemudik itu mencakup dari berbagai moda transportasi yang digunakan baik menggunakan kereta api, kapal laut, angkutan darat, dan udara.

“Saya sudah melihat kereta api, kapal, dan tol. Ternyata memang kenaikannya yang mudik tahun ini cukup besar dibandingkan tahun lalu. Secara rata-rata mungkin di atas 30 persen,” ujar Rini saat meninjau Pelabuhan Merak, Sabtu (24/6) pagi.

Ia mengatakan komunikasi yang dijalin antar kementerian yang mengawal kelancaran arus mudik dan pihak kepolisian sudah cukup baik sehingga hasilnyapun terbilang memuaskan. “Dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, kepolisian, dan pelayanan BUMN-BUMN kita dapat memberikan pelayanan jauh lebih baik dari tahun lalu,” ucapnya.

Rini memuji keberhasilan dermaga 6 yang diperuntukan bagi penumpang kendaraan roda dua. Kata dia, keberadaan dermaga 6 merupakan salah saktu faktor penting keberhasilan ASDP dalam mengurai kemacetan. “Dengan adanya dermaga 6 ini jauh menjadi lebih tertib dan sangat menolong,” katanya.

Diungkapkannya, pada H-3 Lebaran tahun lalu jumlah penumpang kendaran dan pejalan kaki di Pelabuhan Merak sangat padat. Bahkan mencapai dua kali lipat dibandingkan H-3 tahun 2016 lalu.

Kedatangan Menteri BUMN Rini Soemarno di Pelabuhan Merak ini didampingi oleh Direktur Utama PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi, GM PT. ASDP Merak, Kapolda Banten, Direktur Polair Polda Banten, dan Kapolres Cilegon beserta rombongan. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)