Menuju Kota Pelajar, Pemkot Diminta Sediakan Area Khusus

Suasana Diskusi DPD IPM Kota Serang
Suasana Diskusi DPD IPM Kota Serang

SERANG – Memiki visi sebagai Kota Pendidikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dituntut untuk menyediakan area khusus bagi pelajar. Hal ini terungkap dalam acara Dialog Intetaktif dengan tema ‘Menuju Kota Serang Kota Pelajar’ yang digelar DPD Ikatan Pelajar Muhamadiyah (IPM) Kota Serang, di Gedung Muhammadiyah Kota Serang, Kamis (25/2/2016).

“Kota Serang harus ada spot-spot khusus bagi para pelajar, seperti segala informasi soal kebutuhan pelajar ada di sana. Misalnya satu taman di mana di sana ada perpustakaan, toko buku khusus pelajar, layanan wifi gartis dan lain-lain yang disediakan pemerintah,” ungkap Ketua IPM Kota Serang, Mumu Firdaus kepada wartawan.

Mumu mengatakan, bahwa selain itu, mewujudkan kota pelajar juga harus ditunjang dengan ongkos angkutan kota bagi pelajar harus terjangkau. Untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya akan mengusulkan hal tersebut kepada Pemkot Serang melalui SKPD terkait.

Terpisah Kepala SMA Muhammadiyah Kota Serang Candra Ramlus Malin Kayo, yang hadir sebagai pembicara, mengatakan, saat ini kalau dilihat dari moral pelajar di Kota Serang masih terjaga dan cukup baik.

“Pelajar di Kota Serang sudah cukup bagus. Tapi ini harus tetap dipelihara dan ditingkatkan. Kita mencari rumusan baru, apa kira-kira yang dibutuhkan bagi pelajar. Contoh misalnya, di Jogja, harga makanan bagi pelajar itu dimurahin. Seperti angkutan kota juga,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa untuk menuju Kota Serang sebagai Kota Pelajar yang harus disiapkanuntuk diantaranya, bagaimana memperkuat benteng akidah dan skill mereka dalam berapa bidang, misalnya soal bahasa, akhlak, tata cara bergaul harus juga membawa nilai-nilai budaya ketimuran yang santun. (Fauzan Dardiri)