Meski Pandemi, Petani Pepaya California Panen Perdana

0
2.536 views

LEBAK – Pandemi Covid-19 yang melanda sejak Maret 2020 bukan hanya mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa manusia nanun juga memukul sektor ekononi.

Untuk itu guna membantu warga yang ekonominya terdampak Covid- 19, Badan Pertanahan Banten (BPN) Banten menggelontorkan program padat karya bertajuk BPN Peduli kepada petani di Desa Selaraja, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak dengan menanam buah pepaya Calofornia.

Segar menggemaskan begitu melihat buah pepaya bergelantungan, bergelayut di pohon yang tidak terlalu tinggi. Tiap pohon terdapat belasan hingga puluhan buah pepaya yang masih hijau. Namun, dalam hitungan hari sebagian dari buah itu sudah ada yang siap untuk dipanen.

Wahyu salah seorang petani buah Pepaya California asal Desa Selaraja, Kecamatan Warunggunung, mengaku lega buah pepaya California yang ditanami sejak Mei lalu yang berasal dari program karya BPN Banten mulai berbuah dengan lumayan cukup baik.

“Alhamdulilah, ditengah pandemi covid-19 dan serangan hama pepaya California kita sudah siap panen perdana. Insya allah panen perdana pekan ini informasinya pak Irjen Kementerian ATR/BPN Sunraizal, Kakanwil BPN Banten Andi Tenri Abeng, ibu Bupati dan dinas terkait akan panen perdana perkebunan pepaya California ini,” kata Wahyu, kemarin.

Dia mengakui tak mudah untuk dapat panen pepaya California kali ini mengingat serangan hama sempat terjadi. Bahkan, akibat serangan hama tersebut, buah pepaya california milik warga tak ada rasanya.

“Beruntung saat serangan hama itu kita terus menggali informasi dari pihak terkait dengan diobati yang tepat. Hasilnya pepaya California kita tetap tumbuh dengan baik dengan rasa yang manis,” katanya.

Lantaran panen perdana, kata dia buah pepaya california dibagikan kepada warga setempat sambil menunggu intruksi BPN Banten. Sebab, sudah ada peminat terhadap pepaya california ini.

“Peminatnya cukup banyak terbukti sudah banyak yang datang untuk membelinya. Kedepan kita akan lebih bersungguh-sungguh lagi untuk menaman pohon pepaya ini. Karena sangat menjajikan dan pangsa pasarnya tidak susah,” ujarnya. (nce/air)