Mewujudkan RT 04 Pancurgede Kampung Berbunga

0
852 views

TAKTAKAN – Konsep kampung berbunga tengah direalisasikan warga RT 04 RW 04, Lingkungan Pancurgede, Kelurahan Pancur, Kecamatan Taktakan. Bunga matahari telah ditanam di kanan-kiri jalan lingkungan di perkampungan ini.

Persiapan warga RT ini menuju penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, Agustus ini, semakin gencar dilakukan. Bunga matahari telah ditanam warga di pinggir jalan sepanjang sekira 400 meter. Pagar bambu di jalan ini telah dicat warna-warni. Perkampungan ini jadi lebih berwarna dan rapi.

Ketua RT 04 Mansur mengatakan, setelah penilaian tahap pertama pada 4-15 Mei 2020, warga menjadi semakin semangat bergotong royong. Warga termotivasi oleh saran tim juri untuk menciptakan RT 04 menjadi kampung berbunga.

”Jadi kita sepakat buat menjadikan kampung kita jadi kampung berbunga,” tegasnya kepada Radar Banten, Selasa (4/8).

Namun, warga sempat terlena. Karena fokus merawat tanaman bunga selama beberapa pekan lalu, rumput liar tumbuh dan mengotori jalan kampung. Oleh karena itu, warga bergotong royong membersihkannya. “Bukan cuma bunga, jalannya juga harus bersih,” tandas Mansur.

Warga RT ini, lanjut Mansur, bakal memanfaatkan lahan di pekarangan depan rumahnya untuk menanam tanaman obat keluarga (toga). Warga sepakat untuk merealisasikannya secara swadaya. Sebab, dana stimulan dari Pemkot Serang untuk membiayai kegiatan penataan lingkungan RT, sebesar Rp5 juta, sudah habis. Pengurus dan warga RT 04 menggunakannya untuk membuat spot foto dan membeli bibit tanaman.

“Insya Allah, pekan ini semuanya sudah selesai, termasuk persyaratan administrasi (pengesahan pembentukan kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum-red) juga sudah kita urus,” jelas Mansur.

Sementara, Lurah Pancur Dulsalim memastikan bahwa keenam RT di wilayahnya yang ikut LRLA siap dinilai. Ia memastikan, semua arahan tim juri sudah diselesaikan warga. ”Yakin dan optimis bisa jadi juara,” pungkasnya. (mg06/don)