Mina, Beruk Umur 15 Tahun Diserahkan Pemilik ke BKSDA Banten

CILEGON – Sovie, seorang warga Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon, tepatnya di Komplek Bukit Baja Sejahtera II menyerahkan seekor Beruk (Monyet berekor Babi) ke Petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat, Wilayah Banten, Kamis (25/8/2016).

Namun petugas BKSDA mengalami kesulitan untuk mengevakuasi hewan yang bernama Mina itu karena usianya yang telah dewasa yang diperkirakan sudah sekitar 15 tahun.

Sovie, pemilik Mina mengaku sudah kerepotan untuk mengurus hewan peliharaan peninggalan ibunya. Oleh sebab itu ia menyerahkannya ke BKSDA Banten. “Saya melihatnya kasihan karena saat ini hewan tersebut sudah tidak ada yang ngurus dan saya merelakan hewan tersebut untuk diserahkan ke Petugas BKSDA agar dikembalikan ke alam bebas atau ke habitatnya” katanya.

Diungkapkan Sovie, sejak ibunya meninggal dunia terpaksa Beruk tersebut dibiarkan berada di dalam kandang. Terkadang para tetangga Sovie yang memberikan makanan hewan berspesies primata tersebut. “Paling anak saya dan tetangga disini yang memberi makan. Beruk ini sudah dipelihara sama almarhum ibu saya sejak masih kecil” katanya.

Sementara itu, Petugas BKSDA Jawa Barat, Wilayah Banten, Uday Udaya mengucapkan terima kasih kepada ibu Sovie yang telah rela menyerahkan hewan peliharaan yang tergolong langka tersebut. “Hewan jenis Beruk ini bukan salah satu hewan yang dilindungi, namun hewan tersebut langka dan hanya berada di Pulau Sumatera dan di Pulau Jawa tidak ada,” ucapnya.

Uday juga mengaku kesulitan, karena saat ini hewan tersebut belum bisa dievakuasi karena hewan (beruk) tersebut sudah dewasa. “Kita tunda evakuasi hewan beruk ini, karena kita juga masih menunggu dokter hewan untuk menjinakkan dan membius hewan ini,” pungkasnya. (Riko)