Minat Baca di Banten Masih Rendah

0
2.150 views

SERANG – Minat baca di Provinsi Banten masih belum menyentuh angka 50 persen. Dari 11 juta penduduk di Provinsi Banten masih banyak yang belum gemar membaca. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten, Ajak Moeslim, Jumat (9/6).

“Kira-kira baru 40 persen dari masyarakat Banten yang gemar membaca. Karena kalau dirumuskan sendiri susah, paling rata-ata hanya membaca koran,” kata Ajak.

Berkaca dari hal tersebut, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten terus mengupayakan agar minat baca masyarakat Banten terus meningkat dengan hadir di setiap event yang digelar di Provinsi Banten.

“Maka dari itu seluruh pelayanan kami tingkatkan misalnya saat ini pembuatan kartu anggota hanya butuh lima menit saja yang sebelumnya memerlukan waktu selama tiga hari. Serta kami juga lakukan promosi serta lomba-lomba untuk merangkul seluruuh elemen masyarakat,” ungkapnya.

Terkait tingkat aktivitas kunjungan perpustakaan selama bulan suci ramadan, menurut Ajak sejauh ini masih cukup ramai. Hal tersebut terpantau masih banyaknya siswa-siswi maupun mahasiswa dan masyarakat umum yang meminjam buku maupun sekedar membaca.

“Walau puasa, alhamdulillah pengunjung masih ramai, terhitung sejak awal ramadan total kunjungan diangka 830 kunjungan. Total tersebut sudah termasuk dengan kunjungan anggota dan belum anggota, saat ini anggota yang sudah terdaftar sejumlah 39.000,” katanya. (Wirda Garizahaq/risawirda@gmail.com)