SERANG – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-VI Kota Serang akan digelar di Kecamatan Cipocok Jaya, 9 – 11 Februari 2015 mendatang. Sekretaris Pelaksana MTQ Lukman Hakim mengatakan, pada gelaran MTQ Tahun ini tidak ada pawai ta’aruf lantaran anggaran yang didapatkan tidak cukup untuk menggelar pawai.

“Untuk MTQ tahun ini tidak ada pawai, lantaran anggarannya yang minim, yakni sebesar Rp3,5 miliar,” ungkap Lukman kepada wartawan via telpon seluler, Jum’at k(6/2/2015).

Kendati demikian, Lukman menjelaskan, persiapan pelaksanaan sudah mencapai 90 persen, baik itu yang bersifat koordinasi, dan sisanya tinggal peralatan seperti sistem pelantang, tenda, dan peralatan lainnya. “Kita akan fokuskan pawai ta’aruf untuk MTQ tingkat Provinsi Banten yang akan digelar di Kabupaten Lebak pada 17-20 Maret mendatang,” jelasnya.

Lukman mengatakan, pada tahun ini anggaran MTQ dikelola oleh Bagian Kesra lantaran menggunakan dana hibah. “LPTQ kan sebagai lembaga yang tidak dibentuk oleh pemerintah dalam Undang-undang tidak boleh mendapatkan dana hibah secara berturut-turut sehingga pengalokasiannya di Bagian Kesra, tidak langsung ke LPTQ,” kata Lukman.

Lukman menjelaskan, dalam pelaksanaan MTQ akan diikuti 6 khafilah, sekitar 400 peserta, yang akan mengikuti 10 Cabang diantaranya tilawah, tahfid, tafsir, qiroatul kutub, syahril Alquran, fahmil Alquran, menulis makalah Alquran, dan Tahfidz Hadits. (Fauzan Dardiri)