Minim Pegawai, Tak Ada Rasionalisasi PNS di Pemkot Serang

Farach Richi
Sekretaris BKD Kota Serang, Farach Richi.

SERANG – Rasionalisasi atau pemangkasan PNS di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Serang diperkirakan tidak akan terjadi, alasannya di Pemkot Serang masih minim pegawai.

“Rasionalisasi itu ada indikator-indikatornya, karena memang di kita (Pemkot Serang) pegawainya masih minim. Tidak serta merta kebijakan Pemerintah Pusat A, (pemerintah) daerah mengikuti,” ungkap Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Serang, Farach Richi kepada wartawan, Jumat (11/3/2016).

Farach menjelaskan, terkait rasionalisasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat bukan menjadi beban, tapi bagaimana ini menjadi tantangan untuk meningkatkan kompetensi pegawai.

“Itu kan baru wacana, Kota Serang sudah memulai dengan sistem merit (berdasarkan kompetensi-red) terhadap pegawai, kita akan diklatkan. Jadi tidak ada rasionalisasi, jabatan fungsional tertentu,” katanya.

Lebih lanjut, Farach menambahkan, di antara indikator rasionalisasi pegawai, seperti Tingkat Pendidikan, Tingkat Kemampuan. Sedangkan jumlah pegawai lulusan SMA di Pemkot Serang berjumlah di bawah 10 pegawai.

“Tugas kita memberikan motivasi, agar pegawai melanjutkan pendidikan,” tandasnya.

Diketahui, Pemerintah Pusat melalui Kementerian PAN-RB, akan memulai tahapan pemangkasan jumlah PNS pada Mei 2016. Langkah awal berupa audit organisasi, disusul dengan pemetaan SDM, dan penilaian kinerja. Hasil penilaian akan dirangking, PNS dengan kinerja terburuk akan dirumahkan. (Fauzan Dardiri)