Minimalisasi Maling Ternak di RT 14 RW 02

CURUG – Wilayah RT 014 RW 02, Kelurahan Tinggar, Kecamatan Curug, diakui sebagai daerah rawan pencurian hewan ternak. Karenanya, sistem keamanan lingkungan (siskamling) di RT ini diaktifkan kembali. Salah satu dampak Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Di salah satu RT di Lingkungan Cikoneng ini, sebenarnya sudah dilengkapi pos ronda. Bahkan, ada tiga unit. Namun, menurut Ketua RT 014 RW 02 Suhada, maling masih kerap menyatroni sapi atau kambing milik warganya.

“Dulu mah warga sering kemalingan ternaknya,” kata Suhada kepada Radar Banten, Kamis (26/3).

Kendati kasus pencurian hewan ternak di Cikoneng mulai berkurang, tapi Suhada mengaku tidak mau kecolongan. Ia tetap meminta warganya meningkatkan kewaspadaan. Terlebih menjelang bulan Ramadhan nanti, kasus kejahatan ini bisa lebih marak.

“Biasanya malem tuh enggak ketahuan. Tau-tau, pas pagi ternaknya udah enggak ada,” keluh Suhada.

Ia tidak memungkiri jika pencurian ternak terjadi karena siskamling di RT-nya tidak aktif lagi. Padahal, dulu, setiap malam selalu ada 15 warga RT 014 RW 02 yang ronda di tiga pos ronda.

“Lama-lama, suka enggak ada yang jaga. Soalnya belum dibikin jadwal (ronda malam-red),” ujar Suhada.

Momen LRLA, diakui Suhada, menyadarkannya dan pengurus RT 014 RW 02 lainnya. Ia berencana tidak hanya akan mengaktifkan siskamling lagi. Juga akan membentuk kelompok pemuda sadar hukum. “Nanti, kita bikin kentongan dan beli alat keamanannya juga,” katanya.

Agenda kegiatan warga RT 014 RW 02 bergotong royong terdekat, sebut Suhada, hari Minggu (29/3) nanti. Warga akan beramai-ramai membersihkan jalan dari sampah. Kemudian, dilanjutkan dengan membuat pagar di rumah warga yang belum memiliki pagar dan melakukan penghijauan. “Insya Allah, Cikoneng bisa jadi lebih baik,” harapnya.

Lurah Tinggar Ahmad Bajuri menilai, LRLA Kota Serang 2020 memberikan dampak positif bagi kebersihan dan keamanan lingkungan di wilayah Tinggar. “Lingkungan kami jadi semakin aman dan bersih tentunya,” kata Bajuri.

Ia berharap, melalui LRLA, kekompakan warga untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan aman akan terus terjaga. Gotong royong serta kesadaran warga untuk hidup bersih dan sehat itulah yang menjadi target Pemerintah Kelurahan Tinggar. “Kalau pun dapat juara, itu kami anggap sebagai bonus dari usaha kami,” pungkasnya. (mg06/don)