Minimalisir Penggunaan KTP Konvensional, Disdukcapil Siapkan Program Layanan Online

0
777 views
Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

SERANG – Akhir tahun 2015 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang siapkan pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil secara Online. Hal ini dilakukan agar awal tahun 2016 tidak ada lagi penggunaan KTP konvensional, dan diganti dengan menggunakan e-KTP.

“Dalam menjalankan program layanan online ini, saat ini kami tengah menyiapkan koneksivitasnya ke internet. Semua persiapan ini sudah, mulai dari SDM (sumber daya manusia,red) dan peralatannya, tinggal diaktifkan,” ungkap Kepala bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Teknologi, Disdukcapil Kota Serang Gema Advaita kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/12/2015).

Gema menjelaskan, ketika sistem online sudah berjalan, pengajuan dari masyarakat akan dilayani jika semua persyaratan dipenuhi, jika tidak maka tidak akan dilayani. Adapun pelayanan online ini meliputi semua kependudukan dan pencatatan sipil seperti KTP, akta kelahiran, kematian, dan Kartu Keluarga (KK).

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Serang Ipyanto mengatakan, selama ini pihaknya sedikit demi sedikit melakukan peningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan. Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

“Menyikapi ketentuan tersebut kami, telah melakukan upaya di dalam program kegiatannya sejak tahun 2012, sampai dengan ini telah melakukan beberapa kali perubahan-perubahan, mulai dari program dan sistem, sampai dengan penataan layanan,” katanya.

Ipyanto mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan tersebut, pihaknya telah mengupayakan diantaranya‎ mempersiapkan kendaraan mobil keliling, membuat website pendaftaran online untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan.

“Sehingga dari peningkatan ini diharapkan pencapaian pencetakan dan perekaman, dapat diselesaikan diakhir 2015 ini, dan 2016 tidak ada lagi menggunakan KTP konvensional, dan ditemukannya KTP ganda. Program pendaftaran online ini akan kami mulai tanggal 21 Desember ini,” katanya. (Fauzan Dardiri)