Minimarket Terbakar, Uang Puluhan Juta Hangus

0
1289
Dua petugas pemadam kebakaran Dinas Satpol PP Kabupaten Lebak berupaya memadamkan api yang membakar sebuah minimarket di Desa Cikareo, Kecamatan Cileles, Rabu (27/1) dini hari.

CILELES – Sebuah minimarket di Kampung Sajir RT 01/ RW 01, Desa Cikareo, Kecamatan Cileles,  ludes terbakar, Rabu (27/1) pukul 02.40 WIB.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya saja seluruh barang-barang dalam bangunan mininarket tersebut habis terbakar.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut, tetapi kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

Menurut sejumlah saksi mata, sebelum ludes terbakar di bangunan minimarket tersebut terdengar suara dentuman beberapa kali. Selanjutnya, muncul kobaran api yang langsung membesar dan membakar toko tersebut.

Warga setempat yang mengetahui peristiwa tersebut sempat berupaya memadamkan kobaran api agar tak menjalar ke rumah warga, sambil menunggu petugas pemadam kebakaran tiba.

Namun, upaya itu sia-sia karena kesulitan air akibat peralatan yang terbatas. Kobaran api baru dapat dijinakan, setelah tim pemadam kebakaran yang mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi.

“Ya, sebelum kobaran api membesar dan membakar toko (mininarket) sempat terdengar dentuman beberapa kali, entah berasal dari mana. Setelah itu muncul kobaran api yang langsung membesar,” kata Iwan, warga Desa Cikareo yang rumahnya bersebelahan dengan bangunan toko tersebut.

Menurutnya, melihat kobaran api yang terus membesar, puluhan warga mencoba untuk memadamkan kobaran api, dan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Polsek Cileles, dan juga unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lebak.

“Warga berupaya agar api tak membesar. Tapi peralatan yang minim kobaran api baru dapat dijinakan setelah tim Damkar Satpol PP tiba,” katanya.

Sementara itu, Korlap Damkar Satpol PP Kabupaten Lebak Ade Apriadi mengaku, pihaknya yang mendapatkan laporan kebakaran tersebut langsung menggerahkan dua unit mobil damkar. 

Alhamdulillah, berkat bantuan warga, kobaran api itu sendiri dapat dicegah menyebar ke bangunan rumah warga sekitar dan dipadamkan pada pukul 05.30 WIB. Sehingga, tak menyebabkan korban jiwa,” kata Ade.

Ditanya mengenai penyebab kebakaran? Ade mengatakan, tidak mengetahui penyebab pasti dari kebakaran dan jumlah kerugian yang disebabkan oleh kebakaran tersebut. “Penyebabnya belum dapat kita pastikan. Namun menurut keterangan dari kepala toko, uang tunai yang tidak bisa diselamatkan sekitar Rp46 juta. Dan Asal api  sedang didalami oleh pihak Polsek Cileles,” katanya. (nce/zis)