Minta Kampus Bebas Politik, Mahasiswa IAIN Usir Tantowi

Tantowi Yahya bersama mahasiswa
Tantowi Yahya bersama mahasiswa.

SERANG – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tantowi Yahya mendadak diusir dari Aula utama Institut Agama Islam Negeri IAIN SMH Banten. Tantowi, sebelumnya diundang diskusi publik keagamaan tentang Penangkal Gerakan Radikalisme oleh Gerakan Pemuda Anti Radikalisme (Gepara) IAIN, Sabtu (13/2/2015).

Sayang, sebelum sempat menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya, Tantowi diminta meninggalkan lokasi oleh Dewan Mahasiswa (Dema) IAIN SMH Banten. Tantowi diminta pergi di lima menit pertama kehadirannya di aula kampus.

“Kami melihat kedatangan Tantowi ke kampus IAIN bukan hanya untuk menghadiri acara semata. Tapi juga didompleng dengan kepentingan politik. Kampus harus bebas dari kepentingan politik,” ungkap Abdul Rosyid, salah seorang mahasiswa dalam orasinya.

Tantowi sempat menemui para mahasiswa yang berorasi dan bermaksud menjelaskan maksud kedatangannya. Namun mahasiswa menolak saat Tantowi meminta waktu dan meminjam pengeras suara. Akhirnya Tantowi meninggalkan lokasi usai memberikan keterangan kepada sejumlah awak media dan batal mengisi acara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor IAIN SMH Banten Fauzul Iman, akademisi Suaib Amirudin dan beberapa tamu udangan lainnya. (Fauzan Dardiri)