Minta SKPD Serius Buat Laporan Keuangan, Rano ‘Ogah’ Disclaimer Lagi

Net. Gubernur Banten, Rano Karno
Net. Gubernur Banten, Rano Karno

SERANG – Agar tidak kembali mendapatkan opini disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Banten, Gubernur Banten, Rano Karno meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar serius dan teliti dalam menyusun laporan keuangan.

“Saya ingatkan kepada seluruh kepala SKPD selaku entitas akuntasi agar segera menyusun dan menyampaikan laporan keuangan SKPD kepada SKPKD (Kepala Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah,red)! Dalam hal ini kepala DPPKD selaku entitas pelaporan untuk disusun menjadi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah,” tegas Rano, Rabu (6/1/2016).

Menurut orang nomer satu di Banten ini, sebelum diserahkan kepada BPK RI, LKPD tahun anggaran 2015 harus terlebih dahulu direview Inspektorat Provinsi Banten. “Untuk lebih memastikan dan bentuk ketelitian, LKPD harus direview terlebih dahulu oleh inspektorat,” katanya.

Rano melanjutkan, LKPD yang disajikan harus berdasarkan empat kriteria. Di antaranya sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan dan efektifitas Sistem Pengendalian Internal (SPI).

“Diharapkan dengan memenuhi kriteria tersebut opini BPK RI terhadap LKPD 2015 lebih baik dari tahun sebelumnya. Sebagai wujud peningkatan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah,” ucap dia. (Bayu)