Minum Minyak Saat Hamil, Bisa Bikin Lancar Persalinan?

0
7.694 views
Ilustrasi (pixabay).

Saya pastikan Anda pernah mendengar hal ini. Bagaimana Anda menyikapinya selama ini?

Tahukah, bahwa saluran dalam tubuh kita memiliki peranan berbeda-beda, juga jalan masuk dan keluar yang berbeda-beda. Minyak yang anda minum akan masuk melalui mulut lalu melewati usus dan dikeluarkan melalui anus. Sedangkan bayi berada didalam rahim dan akan dikeluarkan melalui vagina.

Dengan alur penjelasan ini mungkin anda sudah sedikit paham bahwa minyak yang anda minum sama sekali tidak masuk ke rahim dan mempengaruhi janin sehingga cara ini tidak akan berpengaruh terhadap proses persalinan Anda. Alih-alih persalinan Anda lancar karena mengonsumsi minyak berlebih justru akan membuat Anda mengalami gangguan kesehatan baru, seperti salah satu yang paling sering terjadi adalah radang tenggorokan dan batuk yang justru akan membuat anda merasa tidak nyaman menjalani proses kehamilan dan persalinan.

Jadi yang membuat lancarnya persalinan bukanlah minyak, karena ada banyak faktor yang menjadi pemicu persalinan berjalan lancar atau tidak diantaranya adalah faktor kekuatan ibu hamil, faktor jalan lahir dan faktor janin yang ada dalam kandungan itu sendiri. Untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya penyulit saat persalinan hanya dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan kehamilan rutin. (dr Elok Qodriwati, aggota IDI Serang)