Miras Ciu Beredar di Tiga Wilayah Kabupaten Tangerang

SOLEAR – Polsek Cisoka menggerebek bangunan yang diduga digunakan sebagai gudang sekaligus pabrik miras jenis ciu di Kampung Ancollebak, RT 15, RW 08, Desa Cikareo, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Rabu (12/9) lalu.

Dalam operasi tersebut, polisi berhasil mengamankan ribuan miras jenis ciu dengan kadar alkohol tinggi yang dikemas dalam plastik bening. Sebanyak 1.380 bungkus ditemukan dalam 23 karung, dan 114 bungkus di sebuah bak ember plastik (selengkapnya lihat grafis).

Kapolsek Cisoka AKP Uka Subakti mengatakan, pabrik sekaligus gudang miras jenis ciu ini diperkirakan sudah beroperasi sejak 6 bulan lalu. Dimana hasil produksi diedarkan di tiga wilayah di Kabupaten Tangerang yakni Tigaraksa, Solear, dan Cisoka. ”Kami masih mengejar pemilik pabrik dan gudang yang berinisial YD yang kabur saat penggerebekan,” kata Uka saat dikonfirmasi, Kamis (13/9).

Ditambahkan, keterangan sementara, polisi baru mendapatkan dari Dargo sebagai pemilik gedung yang menyewakan kepada YD. ”Dia (Dargo-red) mengaku tak tahu menau kalau gedung miliknya dipakai untuk memproduksi miras jenis ciu,” tambahnya.

Perlu diketahui bahwa warga sebenarnya sudah mencurigai aktivitas gudang miras tersebut. Sebab bau menyengat alkohol kerap tercium warga saat melintas di depan bangunan yang seharinya tertutup itu. ”Sudah lama warga curiga, namun takut untuk melaporkan karena gedung selalu tertutup,” ujar Karsija, Ketua RT 15. RW 08, Desa Cikareo, Kecamatan Solear.

Saat ini, semua barang bukti diamankan di Polsek Cisoka. Dan untuk sementara pintu gerbang bangunan juga telah dipasangi garis polisi untuk penyelidikan lebih lanjut. (Mulyadi/RBG)