Miris, SDN 2 Sekarwangi Lebak Rusak Berat

Sekolah Rusak
Kepala SDN 2 Sekarwangi Aden Komar menujuk bagian atap sekolahnya yang rusak, kemarin (26/1/2016). (Foto: Ali)

CURUGBITUNG – Empat ruang kelas di SDN 2 Sekarwangi rusak berat. Temboknya retak-retak dan rangka atap bangunan di Desa Sekarwangi, Kecamatan Curugbitung, itu pun keropos. Kondisi bangunan sekolah ini membahayakan penggunanya.

Pantauan Harian Radar Banten, Selasa (26/1/2016) pagi, para siswa tetap terlihat serius mengikuti kegiatan belajar mengajar di ruang kelas yang bagian atasnya bolong-bolong.

Kepala SDN 2 Sekarwangi Aden Komar menjelaskan, sekolah yang dibangun pada 1993 itu belum pernah diperbaiki. Padahal, hampir setiap tahun, pihaknya mengusulkan bantuan perbaikan untuk empat ruang kelas secara lisan maupun tertulis melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan (Dindik) Kecamatan Curugbitung.

“Kami berharap, tahun ini, sekolah kami segera dibangun. Kami khawatir, bangunan empat ruang kelas itu ambruk dan menimpa siswa yang sedang belajar, apalagi saat musim hujan seperti sekarang,” katanya.

Menurut Aden, bangunan tembok penahan tebing (TPT) juga dibutuhkan. Longsor juga mengancam SDN 2 Sekarwangi.

Guru SDN 2 Sekarwangi Masrip membenarkan bahwa kerusakan empat ruang kelas di sekolahnya telah terjadi lama. Kondisi ini telah diketahui pihak UPT Dindik Kecamatan Curugbitung. Namun, lantaran belum diperbaiki oleh pemerintah daerah, pihak sekolah harus memberikan tiang penyangga di beberapa titik bangunan agar atap tidak runtuh.

“Sejak dibangun, empat ruang kelas ini belum pernah diperbaiki, baik bantuan dari Pemkab Lebak maupun dari Pemprov Banten. Setiap tahun, kami selalu mengajukan usulan perbaikan,” tegas Masrip.

Kondisi bangunan SDN 2 Sekarwangi ini, lanjutnya, telah dikeluhkan oleh banyak orang tua siswa dan guru. Soalnya, keselamatan siswa dan guru terancam.

“Mereka (orang tua siswa-red) khawatir, ruang kelas yang digunakan untuk belajar ambruk dan menimpa anaknya,” tukas Masrip.

Terpisah, Kaur Tata Usaha (TU) UPT Dindik Kecamatan Curugbitung Yadi Supriadi menyatakan, usulan perbaikan gedung SDN 2 Sekarwangi telah disampaikan kepada Dindik Kabupaten Lebak. “Mudah-mudahan, terealisasi tahun ini,” harapnya. (mg16/don/ags)