Miris, Siswi SMP Depresi Gara-gara Tidak Punya HP untuk Belajar Online

0
2214

LEBAK – Ira Amelia, siswi SMP Riyadul Fatonah asal Cikalung, Desa Muaradua, Kecamatan Cikulur mengalami depresi akibat tidak memiliki telepon seluler untuk belajar online di masa pandemi Covid-19. Orangtuanya yang bekerja sebagai buruh angkut kayu tidak mampu membelikan anaknya telepon seluler.

Muhamad, ayah Ira Amelia menyatakan, anaknya sudah lama menyampaikan keinginan untuk membeli telepon seluler. Karena, teman-temannya telah memiliki handphone untuk belajar online. Sementara itu, Muhamad tidak mampu membeli telepon seluler, karena penghasilannya hanya cukup untuk makan sehari-hari.

“Iya, anak saya awalnya hanya mengurung diri. Tapi sekarang, dia kesulitan berkomunikasi dan ketika ditanyapun hanya diam saja. Saya berharap, anak saya kembali normal dan ceria seperti sebelumnya,” ungkap Muhamad, Selasa (25/5).

Kondisi Ira yang depresi sejak tahun lalu dibenarkan guru SMP Riyadul Fatonah, Abidin. Kata dia, Ira yang kini duduk di kelas VII SMP tidak lagi bisa berkomunikasi dengan orangtua dan rekan-rekannya. Karena itu, orangtua Ira khawatir kondisi anaknya bertambah parah akibat tidak bisa membeli telepon seluler untuk belajar online.

“Saya sudah datang ke rumah Ira beberapa kali untuk memberikan support agar Ira tetap semangat belajar. Namun, responsnya enggak seperti biasanya. Dia hanya terdiam dan tidak merespons pertanyaan yang saya sampaikan,” ungkapnya.(Mastur)