Dua sales promotion girls berpose di samping Mitsubishi Xpander silver di ajang GIIAS 2017 di ICE BSD City, Senin (14/8). Foto: Ade Maulana/Radar Banten

TANGERANG – Kehadiran Mitsubishi Xpander disambut antusias para pencinta otomotif tanah air. Bahkan, mobil berjenis small multi purpose vehichle (MPV) tujuh penumpang ini diyakini menjadi pesaing kuat dominasi si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Termasuk, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga yang terlebih dahulu mengaspal.

Mitsubishi Motor Corporation (MMC) memperkenalkan secara eksklusif Mitsubishi Xpander di ajang pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Kamis (10/8) lalu.

Keunggulan berbagai fitur terbaru menjadi senjata Mitsubishi Xpander dari produk sejenis lainnya. Salah satunya menggabungkan sensasi fungsi dan ketangguhan mobil MPV dan SUV yang dibalut harga kompetitif.

Direktur Penjualan dan Pemasaran Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia (MMKI) Irwan Kuncoro mengatakan, Mitsubishi Xpander dibanderol mulai Rp189 juta hingga Rp246 juta, dan memiliki kapasitas mesin 1.500 cc.

”Kami yakin, Xpander akan menjadi pilihan baru masyarakat. Apalagi harga sangat terjangkau, dengan bentuk yang lebih keren dipastikan membuat kompetitor ketir-ketir,” kata Irwan yang ditemui di booth Mitsubishi, kemarin.

Dijelaskan, Mitsubishi Xpander hadir dengan ukuran bodi terbaik di kelasnya. Dimana memiliki panjang 4.475 milimeter, lebar 1.750 milimeter, dan tinggi 1.700 milimeter (jika menggunakan ukuran velg 16 inci-red).

”Kelebihan lainnya, Expander juga memiliki ground clearance 205 milimeter sehingga sangat cocok dengan kontur jalan di Indonesia. Dijamin nyaman ketika mengendarainya,” jelasnya.

Mitsubishi Xpander juga tidak hanya menawarkan kendaraan yang mampu mengangkut banyak penumpang, melainkan juga memiliki tampilan yang menawan. Sehingga akan memberikan kesan kebanggaan dan kemewahan bagi siapa saja yang mengendarai.

Wartawan Radar Banten juga mencoba sensasi dan melihat lebih dekat kelebihan yang dimiliki mobil ini. Pertama ciri khas hadir pada dynamic shield yang menggabungkan gaya dinamis dengan ekspresi visual serta tampilan fender depan yang lebar sehingga terlihat seperti SUV.

Untuk penerangan, mobil ini memiliki tiga tingkat pencahayaan dengan lampu LED yang dekat dengan kap mesin. Adapun lampu utama berada di bagian tengah dengan desain yang unik, dan lampu kabut diletakkan di bagian terbawah.

Masuk ke dalam, kesan interior luas dan nyaman langsung terasa. Ditambah ruang bagasi yang lapang. Bahkan tata letak interior sepertinya juga disesuaikan agar menyediakan banyak ruang untuk barang, dan memberikan jarak kepala yang cukup dengan akses mudah menuju baris ketiga penumpang.

Sementara untuk teknologi, Mitsubishi Xpander memiliki ”Keyless Operation System”. Dengan menggunakan mesin 1,5 L, 16 katup, dan dilengkapi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) dapat menghasilkan tenaga besar namun konsumsi bahan bakar irit. Mobil ini tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Charles Alexander, warga yang tinggal di salah satu perumahan BSD City mengungkapkan, ketertarikannya dengan produk terbaru Mitsubishi ini. Dia merasakan sensasi berbeda ketika masuk ke dalam kabin dan mencoba test drive.

”Selain harga yang terjangkau, fitur dan fasilitasnya sangat mumpuni untuk sekelas mobil MPV di kelasnya. Bahkan pandangan luas, dan terlihat tinggi. Kaya mengendarai mobil-mobil SUV lho,” tutur pria berkacamata ini. (ADE Maulana/RBG)