MMS Dituding Jadi Penyebab Banjir

CILEGON – Tol Tangerang-Merak yang dikelola oleh PT Marga Mandalasakti (MMS) dituding sebagai penyebab banjir yang menerjang Kelurahan Kota Sari, Kecamatan Grogol kemarin, Senin (27/1).

Hari ini, Selasa (28/1), Pemkot Cilegon melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memanggil perusahaan tersebut guna membahas langkah menyikapi banjir yang kerap terjadi selama musim hujan.

Walikota Cilegon Edi Ariadi menjelaskan, berdasarkan keterangan warga dan dugaan sementara banjir disebabkan sistem drainase yang menjadi tanggung jawab pengelola tol mengalami penyempitan, sehingga tak kuat menampung debit air hujan.

“Problemnya jalan tol yang menutup saluran air, memang dibelokan tapi tidak sebesar sebelumnya,” ujar Edi.

Karena itu, Edi meminta kepada BPBD Kota Cilegon untuk menginventarisir persoalan banjir tersebut, serta membahas cara penyelesaian masalah tersebut.

Sementara itu Tim Khusus PT MMS Maman Abdurahman membantah jika perusahaannya yang menjadi penyebab banjir tersebut. “Titik banjir nya kan banyak, sekarang kita tidak bicara siapa yang salah, tapi solusinya,” ujar Maman.

Kata Maman, pihaknya siap bersinergi dengan pemerintah untuk menyikapi persoalan banjir yang melanda lebih dari tiga lingkungan serta menutup akses Pintu Tol Cilegon Barat tersebut. (Bayu Mulyana)