Toyota Land Cruiser A 75 yang akan dilelang terparkir di halaman kantor BPKAD Banten, Kamis (14/3).

SERANG – Toyota Land Cruiser eks mobil dinas (mobdin) mantan gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah akan dilelang Pemprov Banten bulan depan. Mobil buatan tahun 2012 berpelat nomor A 75 itu terparkir di halaman kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten.

  Plt Kepala BPKAD Banten Dwi Sahara menjelaskan, lelang mobdin dilakukan melalui perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Kondisi mobilnya layak jalan. STNK dan BPKB-nya juga ada.

Secara fisik, mobil berwarna biru itu masih terawat. Cat masih mulus meski warnanya sedikit kusam. Spion kanan dan kiri  masih ada. Kondisi ban juga masih cukup baik. Namun, di bagian belakang terdapat sedikit cacat, yakni logo merek dan wiper sudah tak ada.

Kata dia, terkait harga limit lelang, pihaknya belum dapat memublikasikannya. “Saat ini masih dilakukan penghitungan oleh appraisal,” tuturnya, Kamis (14/3).

Ia mengatakan, mobdin itu akan dilelang bersamaan kendaraan dinas lainnya. Dari data yang sudah masuk, ada Kijang pikap dan Kijang LX, serta beberapa motor dinas. Semuanya akan dilelang dalam bentuk paket.

Pj Sekda Banten Ino S Rawita mengatakan, BPKAD harus melakukan lelang terhadap aset-aset yang dinilai sudah kurang layak pakai. “Daripada disimpan begitu saja, lebih baik dilelang,” ujarnya. (nna/aas/ira)