Mobil Pengangkut Uang ATM Terbakar

Petugas Damkar Kabupaten Serang memadamkan sisa api pada bodi mobil yang hangus terbakar di Tol KM 60 Tangerang-Merak, Kabupaten Serang, Sabtu (25/1).

SERANG – Minibus jenis Elf bernopol B 9362 SGC yang membawa uang tunai Rp2 miliar hangus terbakar di Tol KM 60.700 A, Sabtu (25/1). Diduga kebakaran itu dipicu korsleting listrik pada mesin minibus.

Kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 10.20 WIB.

Ketika itu minibus melaju dari arah Tangerang menuju Merak. Tiba di lokasi muncul asap pekat dari bagian tengah bawah kendaraan. Abdul Halid Batubara (44) yang mengemudikan kendaraan tersebut menepi dan berhenti.

Warga Pondok Kelapa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur dan keduanya rekannya yang berada di dalam minibus kemudian keluar dari dalam kendaraan. Api yang tadi mengeluarkan asap pekat seketika mengeluarkan api. Bahkan, api dengan cepat membumbung tinggi.

Saat api masih membesar, Halid dan dua rekannya membuka pintu samping kendaraan untuk mengeluarkan lima boks yang berisi uang Rp2 milar. Uang tersebut rencananya ditransfer ke sejumlah mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Kota Serang.    

Terbakarnya minibus tersebut dilaporkan petugas Marga Mandala Sakti (MMS). Petugas yang menerima informasi itu berkoordinasi dengan pemadam Kebakaran Kabupaten Serang dan PJR Tol Tangerang Merak. Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Serang yang menerima informasi tersebut mendatangi lokasi dan melakukan pemadaman

“Untuk penyebab kebakaran belum diketahui. Kebakarannya terjadi kemarin, dari dalam mobil memang benar ada uang Rp2 miliar. Uang tersebut aman dalam boks dan tidak terbakar,” kata Kepala Induk PJR Serang Tol Tangerang Merak Ajun Komisaris Polisi (AKP) Tjatur Atmoko Minggu (26/1).

Kasus kebakaran tersebut telah saat ini ditangani oleh Reskrim Polres Serang. Kendaraan yang hangus terbakar diamankan di Mapolres Serang. “Kasusnya sudah diserahkan ke Polres Serang,” tutur Tjatur. (mg05/nda/ira)