Berbagai acara perayaan tahun baru Imlek menghiasi Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta. Langkah ini dilakukan agar para pengguna jasa tidak kehilangan momentum. Foto: Angkasa Pura II for Radar Banten

TANGERANG – Ratusan warga Tionghoa silih berganti memanjatkan doa di perayaan tahun baru Imlek 2569, Jumat (16/2). Diiringi dengan musik khas, doa-doa yang dilantunkan harapannya dapat dikabulkan oleh dewa-dewa yang kini dipercaya sedang naik ke langit.

Ketua Yayasan Wihara Kwan In Tang Awan Setiawan menuturkan mengusung tema ”Kita Semua Bersaudara” Imlek kali ini begitu terasa meriah. Sejumlah tokoh agama datang memberikan penghormatannya.

”Tahun ini situasi politik di Indonesia cukup memanas karena ada pilkada serentak. Oleh karena itu tema Kita Semua Bersaudara dapat mengingatkan bahwa kita semua bersaudara. Kemajemukan satukan bangsa,” kata Awan, kepada Radar Banten, Jumat (16/2).

Tampak hadir di Wihara Kwan In Tang perwakilan dari tiap agama yang ikut memeriahkan malam tahun baru Imlek seperti Islam, Kristen, Hindu, dan Katolik.

Selain itu turut hadir Kepala Kesbangpol Tangsel Azhar Syam’un, Kapolsek Pamulang Kompol Tatang Andi, Danramil Ciputat-Pamulang Dahlan, dan Sekjen Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Tangsel Fachruddin Zuhri dan sejumlah pejabat terkait.

”Imlek di Wihara Kwan In Thang ini menjelaskan kemajemukan beragama di Kota Tangsel yang dapat hidup rukun berdampingan. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat mereduksi isu-isu mengenai agama yang kini banyak digunakan untuk kepentingan politik,” tambah Awan.

Sementara Sekjen FKUB Tangsel Fachrudin Zuchri menjelaskan, bahwa kemasan perayaaan Imlek di Kwan In Thang ini mampu menjelaskan bawah di Kota Tangsel umat beragama dapat hidup rukun dan berdampingan.

”Saya juga berpesan meski di tahun politik agar seluruh umat beragama jangan terpancing dan terprovokasi, ketika kalau terprovokasi akan merugikan diri sendiri dan orang lain,” imbuhnya.

Sementara PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, menggelar berbagai acara pada perayaan tahun baru Imlek.  Hal itu dimaksudkan agar para pengguna jasa tidak kehilangan momentum meski akan berlibur Imlek.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Soekarno-Hatta Airport, Erwin Revianto mengatakan, untuk memeriahkan tahun baru Imlek pada tahun ini, Bandara Soetta menggelar acara lebih menghibur dan meriah untuk  para penumpang.

”Acara digelar sejak 9-23 Februari. Mulai dari Bazar di Food Cetera Terminal 1B  kedatangan, hari ini kami juga menggelar atraksi barongsai di Terminal I, II dan III,” terang Erwin.

Sedangkan pada 16-17  Februari 2018 akan digelar photobooth dan Lion Dance di Terminal I dan II Bandara Soetta.

”Kami juga menggelar pergelaran barongsai tonggak di kedatangan Domestik Terminal tiga pada tanggal 15 dan 24 Februari 2018 dan juga Penampilan Musik Gu Cheng di check in counter Terminal III domestik,” jelasnya. (rls/mg-04/ful/sub/RBG)