MTQ VII Kota Serang Prioritaskan Putra Putri Daerah

0
694 views

SERANG – Pelaksanaan Mubaqoh Tiliwatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Serang akan dimulai pada Selasa (22/2). Oleh karenanya sebanyak 92 dewan hakim dilantik hari ini. Pelantikan itu meliputi pengawas, tim koodinator, dan juri penilaian. Dalam pelaksanaan MTQ kali ini panitia membolehkan setiap kecamatan mendelegasikan peserta dari luar daerah.

Hal itu dikatakan sekertaris LPTQ Kota Serang Itang Fauzi Hasyim usai pelantikan dewan hakim di salah satu hotel di Kota Serang, Senin(20/1). “Setiap Kecamatan boleh memakai peserta dari luar daerah, apabila tak ada putra daerah di Kecamatanya. Tapi harus diutamakan terlebih dahulu putra daerah,” ungkapnya.

Itang Fauzi Hasyim menjelaskan sosialisasi dan pelantikan dewan hakim dilakukan pada sekarang, karena pelaksanaan MTQ tingkat Kota Serang sudah dimulai besok dan tuan rumahnya sendiri adalah Kecamatan Serang.

Kemudian untuk jumlah peserta MTQ, lanjut Itang, terdapat 432 dan itu dari 6 kecamatan. 1 kecamatan terdapat 72 peserta. “Untuk cabang-cabangnya terdapat 10 cabang. Pertama Tilawatil Al-Qur’an, Qiroat Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Hifzil Al-Qur’an, Khotil Al-Qur’an, Sahril Al-Qur’an, Qiroatul Kutub, Hadist, Musabqoh dan Makalah Al-Qur’an,” katanya usai sosialisasi.

Lanjut Itang, dalam pelaksanaan MTQ tingkat Kota Serang pada 2017 sangatlah berbeda, karena syarat-syarat peserta berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini menjadi E-MTQ, dengan Berbasis online dan memakai data. “Tentunya pertama peserta harus punya E-KTP, domisili, ijazah, akta kelahiran dan surat mandat dari camat sebagai rekomendasi sebagai peserta dari kecamatan. Kalau tidak memiliki persyaratan ini tak bisa menjadi peserta MTQ. Kemudian mendaftarkan diri sebagai peserta secara online,” jelasnya.

Di tempat sama, Asda II Kota Serang, Poppy Nopriadi berharap semoga dengan dilaksanakanya MTQ tingkat Kota Serang di alun-alun dapat menambah keimanan generasi muda dengan tertarik memabaca tulis al-Qur’an dari pada nongkrong yang tidak jelas. “Makanya ayo untuk anak muda, dapat ikut serta dalam mensukseskan pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Serang. Karena ini sebagai syiar islam,” ucapnya.

Untuk diketahui berdasarkan informasi yang dihimpun dari humas Pemkot Serang, besok sekitar pukul 7.30 akan ada pawai Ta’aruf MTQ ke VII. Pawai tersebut dimulai dari Stadion Ciceri Maulana Yusuf Kota Serang dan finis di Alun-alun barat Kota Serang. Peserta pawai merupakan perwakilan dari setiap kecamatan di Kota Serang. (Adef)