Peserta MTQ XV Provinsi Banten saat daftar ulang di aula Masjid Raya Albantani, Minggu (15/4) sore.

SERANG – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XV Tingkat Provinsi Banten pada 16-19 April 2018 di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Kota Serang akan diikuti 444 orang dari delapan daerah di Banten. Peserta yang sudah terverifikasi ini mulai Minggu (15/4) pagi sampai malam ini melakukan daftar ulang di aula Masjid Raya Albantani.

Sebanyak 444 peserta itu, dari Kabupaten Lebak 52 orang, Kota Cilegon 50 orang, Kota Serang 53 orang, Kota Tangerang 57 orang, Kabupaten Serang 58 orang, Kota Tangerang Selatan 58 orang, Kabupaten Pandeglang 58 orang, dan Kabupaten Tangerang 58 orang.

Ketua Pelaksana MTQ XV Provinsi Banten Sholeh Hidayat mengatakan, MTQ kali ini ada sembilan cabang yaitu cabang tilawah, tahfidz (hafalan Alquran), tafsir Alquran bahasa Indonesia dan Inggris, syarhil Quran (pidato penjelasan isi kandungan Alquran dipadu dengan tilawah), fahmil Quran (cerdas cermat isi kandungan Alquran), qiroatul qutub (pemahaman dan pengkajian kitab-kitab klasik), khattil Quran atau kaligrafi Alquran (naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer), musabaqah makalah Quran/MMQ (kemampuan menulis dengan mengeksplorasi isi kandungan Alquran), dan cabang hafalan hadits.

Menurut Sholeh, MTQ merupakan media atau wahana untuk syiar dan dakwah agama Islam. Kegiatan ini juga menjadi momentum silaturahim bagi para santri qori- qoriah, hafidz-hafidzoh, mufasir-mufasiroh khottot dan khottotoh.

“MTQ merupakan salah satu ikhtiar untuk memperkokoh ukhwah Islamiah dan ukhwah insaniah serta membumikan Alquran menuju Banten beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah,” ungkapnya.

MTQ XV yang bertema MTQ Provinsi Banten mewujudkan internalisasi nilai-nilai Alquran menuju masyarakat Banten bebas buta aksara Alquran, berkarakter dan berakhlakul karimah, lanjut Sholeh, sebagai ikhtiar untuk menumbuhkembangkan tradisi Magrib Mengaji serta diperolehnya kader-kader Qurani yang akan menjadi duta Banten dalam even MTQ Nasional dan Internasional. (Aas)