MU Taklukan Southampton 2-0, Ibra Tambah Koleksi Gol

OLI SCARFF/AFP

MANCHESTER United kembali memetik kemenangan, kali ini atas Southampton dengan skor 2-0 di Stadion Old Trafford, Sabtu (20/8) dini hari WIB. Zlatan Ibrahimovic menjadi aktor utama dengan memborong kedua gol itu.

Bagi Ibrahimovic, ini menjadi gol ketiganya dari dua penampilan di Premier League musim 2016-17. Sebelumnya, dia menyumbang satu gol saat Man. United menang 3-1 di kandang Bournemouth.

Bahkan, Ibrahimovic tercatat sudah melesakkan empat gol di laga kompetitif karena di ajang Community Shield, juga mempersembahkan satu gol kemenangan Man. United dengan skor 2-1 atas Leicester City.

Di laga melawan Southampton, Manajer Jose Mourinho menurunkan skuat terbaiknya termasuk Paul Pogba yang menjalani debut.

Pada menit ke-13, Pogba memiliki kesempatan untuk membawa Red Devils unggul lebih dahulu. Namun, bola hasil sepakan kaki kanan Pogba masih terlalu lemah dan mudah digagalkan kiper.

Pada menit ke-32, gantian Southampton yang mengancam lewat aksi Shane Long. Sayang, bola hasil sepakan kaki kiri Long yang memanfaatkan assist dari Dusan Tadic mudah digagalkan David De Gea.

Manchester United akhirnya mampu unggul pada menit ke-36. Umpan lambung Wayne Rooney dari sisi kanan mampu dikonversikan Ibrahimovic menjadi gol dengan sundulan. Skor 1-0 untuk Man. United bertahan sampai jeda.

Memasuki paruh kedua, Southampton coba mengambil inisiatif serangan lebih dahulu. Bola sundulan Shane Long sempat menjebol gawang De Gea pada menit ke-49. Tetapi, gol itu dianulir wasit karena Long berada dalam posisi offside.

Pada akhirnya Man. United menambah keunggulan enam menit memasuki babak kedua. Luke Shaw dilangggar Jordy Clasie di kotak terlarang hingga berujung penalti.

Ibrahimovic yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan Ibrahimovic menghujam ke pojok kiri bawah gawang Frasier Forster.

Keunggulan dua gol membuat Man. United agak mengendurkan permainan. Hasilnya, skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah bertahan sampai laga berakhir.

Kemenangan ini membuat Man. United nyaman menempati puncak klasemen dengan raihan 6 poin dari dua kemenangan.

Susunan pemain:

Manchester United (4-2-3-1): 1-David De Gea; 25-Antonio Valencia, 17-Daley Blind, 3-Eric Bailly, 23-Luke Shaw; 6-Paul Pogba, 27-Marouane Fellaini, 8-Juan Mata (22-Henrik Mkhitaryan 76′), 10-Wayne Rooney (12-Chris Smalling 89′), 11-Anthony Martial (21-Ander Herrera 82′); 9-Zlatan Ibrahimovic.

Southampton (4-3-1-2): 1-Fraser Forster; 2-Cedric Soares, 6-Jose Fonte, 17-Virgil van Dijk, 33-Matt Targett; 23-Pierre Hojbjerg, 14-Oriol Romeu (4-Jordy Clasie 12′), 8-Steven Davis (10-Charlie Austin 67′); 11-Dusan Tadic; 22-Nathan Redmond, 7-Shane Long (9-Jay Rodriguez 84′).