Ketua Pengprov Muaythai Indonesia Banten Roni Alfanto (kiri) menerima piala juara umum kejurnas 2018 dari Kolonel Riza Yasma, selaku perwakilan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad).

SERANG – Atlet muaythai Banten kembali menoreh prestasi di kancah nasional. Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut muaythai Banten menjadi juara umum kejuaraan nasional (kejurnas) di GOR Bulungan, DKI Jakarta, 25-29 November 2018.

Untuk memboyong Piala Kepala Satuan (Kasat) TNI AD, total sebanyak 23 keping medali yang telah dikumpulkan oleh kontingen muaythai Banten. Terdiri dari tujuh medali emas, empat perak, dan 12 perunggu.

Di bawah Banten, Jawa Barat menempati urutan kedua dengan memeroleh enam emas, satu perak, dan 13 perunggu. Kemudian Papua harus puas di urutan ketiga dengan mengoleksi empat emas, 10 perak, dan enam perunggu.

Ketua Umum (Ketum) Pengprov Muaythai Indonesia (MI) Banten Roni Alfanto mengatakan, kerja keras pengurus dan para atlet membuktikan Banten masih mempertahankan gelar juara umum. Ia mengapresiasi atlet, pengurus, dan pihak yang terlibat memajukan prestasi muaythai Banten.

“Syukur alhamdulillah kita bisa membuktikan Banten masih menjadi kiblatnya muaythai di tingkat nasional. Kita bangga dan kita apresiasi, muaythai Banten bisa mempertahankan juara umum yang ketiga kali,” ujar Roni kepada Radar Banten, Minggu (2/12).

Ia mengungkapkan, perjuangan atlet Banten untuk mencapai prestasi tersebut butuh perjuangan dan kerja keras yang maksimal. Kata Roni, kejurnas tahun ini persaingannya sangat ketat. Peserta yang dihadapi merupakan atlet-atlet pemusatan latihan nasional (pelatnas) yang bersiap turun menuju Pra PON 2019.

“Persiapan menuju kejurnas tahun ini sangat dekat. Tadinya kami tidak mau gembar-gembor mempertahankan juara umum. Karena sebagian atlet andalan kami kondisi fisiknya belum pulih 100 persen karena dua pekan lalu baru saja turun di Porprov. Tapi kita masih membuktikan dengan hasil ini,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banten, Rumiah Kartoredjo menyambut positif atas prestasi yang diukir para atlet muaythai Banten. Ia berharap momentum juara tersebut dapat terus dijaga oleh para atlet, pelatih, dan manajer tim hingga menuju Pra PON dan PON 2020 di Papua mendatang.

“Kita apresiasi muaythai Banten bisa mempertahankan juara umum yang ketiga kali. Mudah-mudahan dengan hasil ini bisa menjadikan bekal kita menuju PON 2020. Kita yakin muaythai bisa memberikan kontribusinya,” katanya. (rbs/ibm/ags)