Konferensi pers mudik bareng BUMN.

JAKARTA – Sambut Idul Fitri 2018, 62 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi menggelar mudik bareng gratis. Warga bisa menikmati perjalanan mudik dengan aman dan nyaman untuk merayakan bersama keluarga di kampung halaman saat hari kemenangan tiba.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo mengatakan, masyarakat antusias dengan program itu. Terjadi kenaikan lonjakan penumpang sebanyak 105 persen dibanding 2017. ”Tahun lalu, memberangkatkan mudik bareng ke 84 kota tujuan,” kata Budi yang juga ketua Satgas Mudik Bareng BUMN itu, Selasa (15/5), dilansir JawaPos.com.

Ia mengungkapkan, mudik bareng BUMN tahun ini menyiapkan 200 ribu kursi untuk masyarakat yang ingin pulang kampung. Namun, hingga saat ini sudah ada 206.119 pemudik yang akan diberangkatkan BUMN dengan kota tujuan dari Sabang hingga Merauke atau mencapai 173 kota tujuan.

“Ini sudah melebihi target. Berkat sinergi BUMN dan seluruh stakeholder. Tahun ini, ada 62 BUMN bergabung selenggarakan mudik bersama,” kata Budi.

Dia menjelaskan, moda transportasi yang digunakan untuk mudik bareng itu yakni bus, kapal laut, kereta api, dan pesawat. Untuk bus harus buatan 2012 ke atas. Semua akan dicek kesiapannya. Kelayakan bus, ban, mesin, lampu, dan pendingin. Semua akan dipastikan benar-benar layak jalan.

“Kami siapkan 162.092 kursi gratis dari 3.406 bus. Sedangkan kereta api disediakan 11.592 kursi dari 37 rangkaian kereta,” kata dia.

Untuk moda kapal laut, lanjut dia, mudik bareng BUMN menyediakan 31.075 kursi dari 98 kapal laut dan untuk pesawat udara disediakan 1.360 kursi dari 52 pesawat. Puncak acara pelepasan pemudik menggunakan moda bus akan diselenggarakan di Pantai Carnaval, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Pusat, Sabtu (9/6).

Dia menambahkan, para calon peserta mudik gratis bareng BUMN 2018 agar menyiapkan dokumen asli saat verifikasi. Itu akan diselenggarakan pada 15–19 Mei di Gedung Nyi Ageng Serang Jalan HR Rasuna Said Kav C 22 Jakarta 12920.

“Pemudik yang telah terdaftar mendapatkan kode booking menggunakan bus dikirim SMS pemberitahuan atau notifikasi jadwal untuk verifikasi dokumen. Wajib membawa dokumen asli dan foto kopi satu lembar. Dokumen yang diperiksa adalah STNK motor, SIM C, KTP, dan kartu keluarga,” jelasnya. (srs/JPC/JPG)