Muhammadiyah Minta Warga Tak Nyalakan Petasan

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Serang, Hamsin Syarbini
Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Serang, Hamsin Syarbini

SERANG – Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Serang, Hamsin Syarbini, meminta warga Kota Serang agar tidak menyalakan petasan pada malam pergantian tahun baru 2016 malam ini.

“Kami pimpinan Muhammadiyah Kota Serang mengimbau nanti malam kita bertemu 1 Januari 2016, jangan diisi tradisi-tradisi yang tidak baik. Lebih bermanfaat bila diisi dengan pertemuan seperti pengajian,” kata Hamsin kepada Radar Banten Online, Kamis (31/12/2015).

Hamsin mengatakan, bahwa Muhammdiyah dari dulu hingga sekarang, melarang tradisi menyalakan petasan, termasuk hura-hura sebaiknya dihilangkan. “Karena memang pada bulan ini, ada tiga peristiwa penting, yakni Natal pada 25 Desember, Maulid Nabi Muhammad 27 Desember dan pergantian Tahun,” kata Hamsin.

Ia mengatakan, momentum ini sangat penting, Natal, Maulid Nabi Muhammad SAW dan tahun baru merupakan untuk saling toleransi antar ummat beragama, yakni pertama ta’aruf saling memberikan penghargaan satu dengan yang lain, sehingga tercipta saling meghargai. Kedua Ta’aluf kasih sayang akan timbul rasa kebersamaan. Dan ketiga Ta’awum kerjasama dalam hal positif.

“Terkini memang ada kejadian ditemukannya terompet berbahan jilid Al-qur’an. Secara harfiah ini akan melecehkan umat islam, sehingga harua melibatkan pihak keamanan untuk segera diselesaikan, karena memang ini harus disikapi,” tandasnya. (Fauzan Dardiri)