MUI Kota Serang: Kesejahteraan, Penyebab Mudahnya Warga Ikut ISIS

ISIS Kota Serang
Ilustrasi/ Inet

SERANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang, meminta Pemerintah untuk memperhatikan kesejahteraan masyarakat. Hal ini menyusul penyebab mudahnya ajakan faham radikalisme kepada masyarakat, khususnya di Kota Serang.

“Top penelitian penyebab mudahnya rekruitmen ISIS yang pertama soal ekonomi, pemahaman agama, dan kelompok ideologis. Tapi yang tertipu dua faktor saja, yakni soal ekonomi dan pemahan agama,” ungkap Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang, Amas Tajudin, kepada Radar Banten Online, Selasa (1/3/2016).

Amas menjelaskan, kewaspadaan sebelumnya memang dilakukan pada kelompok rentan yang basisnya intelektual, saat ini berkembang ke lingkungan tertentu, misalnya pedagang keliling, dengan alasan bantuan dana.

“Tentu kepada Pemerintah, kami meminta untuk terus melakukan upaya pensejahteraan masyarakat, dan kita menghimbau, kepada masyarakat tetap waspada terkait dengan berkembangnya faham radikalisme ini,” katanya.

Terkait dengan adanya lima warga Kota Serang yang terindikasi bergabung dengan ISIS, ia menjelaskan, bahwa bukan hanya terdiri dari lima orang saja, karena mereka terindikasi pada saat mengajukan paspor.

Baca juga: 5 Warga Kota Serang Diduga Mau Gabung ISIS

“Jumlahnya memang sudah banyak dan bukan hanya lima, kita sudah berupaya pencegahan di berbagai kesempatan. Pendukung ISIS di Kota Serang memang sudah lama, bahkan pernah beberapa kali, ada deklarasi mendukung ISIS yang menggunakan gedung pemerintah, ini dilakukan pada tahun 2015 lalu,” tandasnya. (Fauzan Dardiri)