MUI Kota Serang Siapkan Panduan Salat Idul Fitri Saat Wabah Covid-19

0
635 views

SERANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang tengah menyiapkan panduan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Panduan ini disiapkan MUI untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

Sekretaris MUI Kota Serang, Amas Tajudin mengatakan, ada dua hal yang menjadi pertimbangan MUI dalam memutuskan pelaksanaan solat Idul Fitri di rumah, pertama kasus Covid-19 di Kota Serang terus meningkat dan banyaknya kelurahan berstatus zona merah. “Idul Fitri prinsip dasarnya dapat dilaksanakan di masjid dan lapangan dilakukan secara berjamaah, tapi ketika melihat kondisi saat ini. Salat Idul Fitri bisa dilakukan masing-masing di rumah,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (17/5).

Kata Amas, dalam waktu dekat pihaknya akan berkomunikasi dengan Walikota Serang Syafrudin untuk membahas hal tersebut. “Kami akan bicarakan kepada Walikota, dan Walikota akan mengeluarkan imbauan berdasarkan rekomendasi MUI, agar pelaksanaannya (Idul FItri-red) dilakukan di rumah,” katanya.

Menurut, Amas, atas dua indikator ini, masyarakat harus betul-betul menjaga agar sama-sama memutus penyebaran virus. Ia pun membandingkan dengan pelaksanaan salat Jumat yang hukumnya fardhu ain dapat diganti dengan salat Dzuhur. “Idul Fitri sunnah, ekstreme-nya tidak melakukan pun tidak mendapatkan ancaman dosa besar,” terangnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Serang, KH Mahmudi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan panduan khotbah untuk pelaksanaan solat Idul Fitri di rumah. “Kita sudah siapkan, tinggal disebarkan terutama di area yang masuk zona merah,” terangnya.

Namun, pihaknya tetap mempersilakan masyarakat yang berada di lingkungan zona hijau bisa melaksanakan salat Idul Fitri di masjid atau musola dengan menerapkan protokol kesehatan. “Kalau zona merah tentu kami imbau melaksanakan solat Idul Fitrinya di rumah,” pungkasnya. (Fauzan)