Mulai Berbenah, Keinginan Warga Dua Kampung Terwujud

0
266 views

CARENANG – Warga di dua kampung di RW 03, Desa Walikukun, Kecamatan Carenang, mulai mengubah wajah kampungnya. Mereka memperbanyak tanaman dan membuat pagar dari bambu bercat warna-warni.

Saat Radar Banten mengunjungi RT 012 di Kampung Kedungsentul dan RT 013 di Kampung Kejawi, Selasa (29/9), para pemuda sedang mengecat pagar. Gapura dari bambu telah berdiri kokoh, tanaman di pot-pot pun tersusun rapi. Bahkan, kebersihan lingkunganya pun mulai terjaga. Jarang terlihat sampah plastik yang berserakan.

Kepala Desa Walikukun Asep Faturrohman mengatakan, warga RW 03 memang sudah lama ingin ikut bersaing dengan RW lain di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang. ”Mereka ingin kampungnya menjadi bersih, aman, dan indah,” katanya.

Asep merasa, ada banyak perubahan di kedua kampung itu. Soalnya, sebelum LKBA diluncurkan, lingkungan Kampung Kedungsentul dan Kampung Kejawi masih kotor. Banyak sampah dibuang sembarangan.

”Sekarang alhamdulillah, sudah terlihat agak bersih,” ujar Asep.

Kedua kampung itu juga terlihat lebih berwarna. Pagar bambu telah dicat warna-warni. Penataan kedua kampung itu dilakukan hampir setiap hari. Pagi, siang, dan malam.

”Kekompakan warga juga makin besar,” ungkap Asep.

Ia mengaku telah mengajak warganya untuk saling memberi semangat. Bagi Asep, tujuan utama mengikuti LKBA bukan karena hadiah, yang totalnya Rp1 miliar. Tetapi, karena ingin menumbuhkan semangat gotong royong dan kesadaran warga menjaga lingkungan.

”Sekarang, keinginan itu perlahan mulai terwujud,” ujarnya.

Basuni, salah satu tokoh masyarakat RW 03, mengungkapkan bahwa manfaat LKBA telah banyak dirasakan warga. Sekarang, ibu-ibu maupun anak-anak tak lagi membuang sampah sembarangan.

”Ada banyak tanaman juga. Jadi nyaman di kampung daripada pergi-pergi ke kota,” pungkas Basuni. (mg06/don)